Bupati Minsel FDW Saksikan Presiden RI Jokowidodo Resmikan Sistem OSS Berbasis Risiko

oleh

MINSEL – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar,SH, mengikuti acara Presiden Joko Widodo, yaitu Peresmian Sistem Online Single Submission ( OSS ) berbasis risiko di Gedung Kementerian Investasi/BKPM RI di Jakarta, dilaksanakan secara Video Conference (Vidcon), pada Senin (9/8/2021).

Peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko tersebut, diresmikan Presiden Ir. Joko Widodo, dan diikuti Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid 19, berbagai agenda reformasi struktural akan terus dilanjutkan.

Presiden Joko Widodo meresmikan sistem perizinan secara online berbasis risiko, diikuti Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH secara virtual.

“Prosedur berusaha dan investasi akan terus dipermudah karena kita ingin iklim usaha berubah makin kondusif,” kata Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, memudahkan usaha mikro/kecil dan menengah untuk memulai usaha dan meningkatkan kepercayaan investor untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, sehingga menjadi solusi atas persoalan pengangguran yang bertambah akibat dampak pandemi.

Baca juga:   Gandeng Poltekes Manado, JPAR Sosialisasikan Gerakan Wanita Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Presiden juga menyebutkan, dalam laporan Bank Dunia tahun 2020, Indonesia masuk di peringkat 73 dari 190 negara dalam kemudahan berusaha.

“Itu artinya, sudah masuk kategori mudah. Tetapi kategori itu belum cukup, kita harus meningkatkan lagi dari mudah menjadi sangat mudah, sehingga target dapat dicapai,” pintanya.

Menurut Presiden Joko Widodo, reformasi perizinan, yaitu perizinan usaha yang terintegrasi, cepat dan sederhana menjadi instrumen yang menentukan daya saing Indonesia untuk menarik investasi.

“Seperti halnya hari ini kita meresmikan peluncuran OSS berbasis risiko, ini merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan dengan menggunakan layanan perizinan secara online yang terintegrasi atau terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko,” katanya.

Jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat resikonya, perizinan dengan UMKM dengan usaha besar tidak sama.

Risiko tinggi perizinannya berupa izin, risiko menengah perizinan berupa sertifikat standar, sedangkan yang risiko rendah perizinan berusaha cukup berupa pendaftaran atau nomor induk berusaha dari OSS.

Baca juga:   Hadiri Pelantikan, FDW-PYR Ucapkan Selamat Kepada AA-RS Sebagai Walikota dan Wawalikota Manado

“Hal ini akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik,” jelasnya.

Di akhir sambutan, Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. 

( Andy Runtunuwu )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.