Kebakaran di Batu Angus Bitung, Api Baru Padam Setelah 8 Jam

oleh

BITUNG – Kebakaran yang terjadi di Taman Wisata Alam Batu Angus, Kelurahan Kasawari, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, pada Jumat (23/7) menghanguskan ratusan hektar lahan.

Terkendala akses jalan yang penuh alang-alang, Tim Pemadan sempat mendapat kesulitan untuk menjangkau titik kebakaran.

Petugas gabungan dari BKSDA Sulut, Damkar satpol PP Bitung, Manggala Agni – PPIKHL Sulawesi, BPBD Bitung, Polri dan TNI serta masyarakat bersama di lokasi hingga malam.

Petugas gabungan berhasil menaklukan api, Walau membutukan waktu sekitar delapan jam.

Awalnya kebakaran itu diketahui warga sekitar pukul 14.00 wita, kemudian langsung diinformasikan ke pos penjagaan TWA Batu Angus dan diteruskan ke pemadam kebakaran Pemkot Bitung.

Awalnya titik api terpantau di samping pos karcis masuk, areal parikir TWA Batu Angus, Rumah Pohong hingga menjalar ke arah hutan lindung Tangkoko.

Hingga pukul 18.00 wita, api terpantau dari lokasi rumah pohon masih mengarah ke arah hutan lindung.

Baca juga:   Menpan : Bitung Harus Lebih Tingaktakan Pelayanan

Tak berselang lama, si jago merah mulai merembet ke bagian belakang pos karcis masuk TWA Batu Angus.

Peristiwa ini menghanguskan ratusan hektar lahan, yang ditumbui alang-alang.

“Jadi pemadaman kemarin, berakhir pada pukul 9 malam. Melibat personil gabungan dari tiga unsur Manggala Agni, Damkar Satpoll dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bitung. Dibantu aparat Polres, Polsek Aertembaga, pemerintah Kelurahan Kasawari dan Makawidey serta kecamatan Aertembaga,” ujar Kompol Jendri Lewan Kabag Ops Polres Bitung, Sabtu (24/7).

Dalam proses pemadaman, tampak personel gabungan dengan menggunakan jet shoter berwarna kuning dengan kapasitas air 19 liter, mereka akhirnya berhasil memadamkan kobaran api.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.