Bahas Solusi Cepat Peningkatan Pasien Covid-19 di Minut, Bupati JG Pimpin Rapat Bersama Stakeholder Terkait

oleh
Rapat bersama yang dipimpin Bupati Minut, Joune Ganda dengan stakeholder terkait membahas langkah cepat menekan lajut penyebaran wabah covid-19 di kabupaten Minut.

MINUT– Cepatnya angka penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut. Untuk mengatasi keadaan tersebut, Bupati Minut, Joune JE Ganda SE (JG) menggelar rapat bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kabupaten Minut, Rabu (31/7/2021).

Selain Satgas Covid-19 Kabupaten Minut, rapat ini juga dihadiri oleh Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK MSi, Kasat Pol PP Robby Parengkuan, Kepala BPBD Jovita Supit, Kadis Kesehatan dr Togas, Perwira Penghubung Kodim Bitung Mayor Inf Jemmy Lotulung, serta perwira Polres Minut lainnya.

Dalam rapat bersama ini, dibicarakan langkah-langkah strategis dalam pencegahan menularnya wabah Covid-19 yang begitu cepat penularannya di Kabupaten Minut.

“Kita harus memikirkan langkah tercepat untuk mengatasi permasalahan ini. Sementara, saya mintakan agar yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing wajib dipantau atau awasi, sekaligus lakukan pemberian bantuan, obat, vitamin maupun bahan makanan. Mereka juga wajib memakai masker meskipun cuma di rumah,” kata Bupati Minut.

Baca juga:   Gotong Royong Harus Terus Dilestarikan

Lanjut dikatakannya, kalau masyarakat tidak ketat dan tidak disiplin dalam protokol kesehatan (Prokes), rumah sakit yang akan keteteran dan kewalahan untuk melayani pasien positif Covid-19 yang terus bertambah.

“Dan juga, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro perlu diperketat. Penyekatan pintu masuk di setiap desa harus disiplin, kurangi kegiatan dan acara masyarakat, dan tetap sosialisasikan dan beri imbauan untuk menjalankan disiplin Protokol kesehatan 5M (Memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, jauhi kerumunan dan kurangi mobilitas interaksi) secara benar,” harapnya.

Bupati Minut juga meminta agar, kecamatan yang masuk Zona merah agar lebih diperketat dan diawasi. Prokes 5M harus benar-benar dijalankan dengan ketat di wilayah ini.

“Bagi yang terkonfirmasi Postif, harus dites, dilacak, diobati, dan diberi vitamin. Marilah kita bersabar dengan PPKM ini,” kata Ganda.

Dalam rapat bersama ini, diputuskan juga beberapa hal, seperti penyekatan ketat akan dilakukan di wilayah Minut, bagi pasien covid 19 akan ditangani secepatnya dan keluarganya atau orang sekitar yang bergejala langsung dilakukan pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR), bagi yang tidak bergejala (OTG) langsung isolasi mandiri (Isoman), dan dicatat by name, by address, diawasi, serta disuplai vitamin, obat dan bahan makanan.

Baca juga:   Kuhu Dilantik Jadi Sekdakab Minut

(redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.