Penambahan Kasus Positif Capai 100 orang per Hari, Dandel: Penularan sudah di Level Komunitas

oleh
dr Steaven Dandel MPH, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut Bidang Epidemiologi.

MANADO – Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara merilis update pertambahan kasus terkonfirmasi positif, Kamis ( 08/07/2021) yakni sejumlah 216 kasus.

”Hari ini kita mengalami lompatan kasus yang tajam. Rata rata trend pertambahan kasus harian sudah diatas 100 orang per hari. Penyebaran kasus juga makin merata dbeberapa Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut). Kita tidak lagi berhadapan dengan cluster kasus. Tetapi secara epidemiology, yang terjadi sekarang ini adalah penularan di level Komunitas,” kataJubir Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel.

Menurut dr Dandel, ini berarti, kemanapun kita pergi dengan siapapun kita bertemu, maka
kemungkinan keterpaparan terhadap virus SARS Cov-2 (Virus Corona) semakin tinggi.

” Dengan fakta ini, maka imbauan yang kami harus sampaikan kembali sesuai dengan Surat
Edaran Gubernur Sulut No 21.4150 tahun 2021 tentang Antispasi Peningkatan Kasus
Covid 19 di Sulawesi Utara, yakni pertama, wajib memakai masker kemanapun kita pergi. Bahkan ketika kita berada di rumah dan terdapat anggota keluarga menunjukkan gejala Flu berupa Panas, Batuk dan Pilek. Sedapat mungkin memakai masker 2 lapis dengan mengkombinasikan masker medis dan masker kain. Kedua, tidak lagi menghadiri pertemuan di ruang tertutup dengan sirkulasi udara
tidak baik. Ketiga, sedapat mungkin menghindari kerumunan, termasuk juga dalam kegiatan vaksinasi masal. Kegiatan vaksinasi masal akan diatur untuk meminimalkan terjadinya kerumunan,” jelasnya.

Baca juga:   Hadiri Mubes 1 IWO, Reppy Beberkan Meriahnya Pembukaan Gelaran Manado Fiesta

Setelah 216 hari ini, akumulasi kasus terkonfirmasi positif di Sulawesi Utara mencapai 17.117 Orang. Kasus sembuh 15.516 Orang. meninggal 563 Orang dan
kasus aktif saat ini sejumlah 1.038 Orang.

Sementara itu, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Sulut terbilang luar biasa, dari hasil rekapan enam kabupaten/kota Sulut masuk 20 besar capaian vaksinasi dosis pertama tertinggi se-Indonesia.

Prestasi ini terungkap pada Rakor Terbatas dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro digelar Menteri Koordinator Perekonomian Erlangga Hartarto, melalui video conference, Rabu (07/07/2021).

Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Drs Steven OE Kandouw usai mengikuti rapat mengungkapkan, Kota Manado dan Kota Tomohon menduduki peringkat pertama dan peringkat kedua.

“Puji Tuhan, ada enam kabupaten/kota di Sulut yang masuk 20 besar capaian tertinggi vaksinasi dosis pertama dari kabupaten/kota lain dari seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan Kota Manado berada di posisi teratas, dan di posisi kedua Kota Tomohon,” kata Wagub Kandouw.

Baca juga:   Kontrol Traffic Light Dari Jarak Jauh, Dishub Manado Pasang ATC

Dari rinciannya, Kota Manado mencapai 63 persen, disusul Kota Tomohon sebanyak 50 persen, kemudian Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara sebanyak 40 persen. 17 daerah lainnya di bawah ketiga daerah tersebut capaiannya berkisar 20-30 persen.

Setelah Kota Manado dan Kota Tomohon di posisi pertama dan kedua, adalah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) di posisi kedelapan dengan capaian 32 persen.
Kota Bitung, Kabupaten Minsel, dan Kabupaten Bolmut, masing-masing berada di posisi 16, 18 dan 19 dengan capaian 26 persen, 25 persen dan 24 persen.

Tak lupa juga dalam penyampaiannya, Wagub Sulut mengingatkan agar penerpan prokol kesehatan (Prokes) 5M semakin diperketat.

“Meski pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Sulut berjalan baik, namun penerapan Prokes 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas),  tetap harus dipatuhi. Kita jangan terlena meski angka pemberian Vaksin di Sulut paling tinggi di Indonesia,” imbau Wagub Sulut, Steven Kandouw.

Baca juga:   Kempis Ban dan Derek Kendaraan Pelanggar Lalin Segera ‘Diaktifkan’

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.