22 views

Benarkah Ada 11 Obat yang Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Jawaban Kemenkes

oleh -22 views
Update data Covid-19 Indonesia Minggu (4/7)

MANADO – Beredar informasi adanya 11 obat yang dapat menyembukan Covid-19, langsung diluruskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, pemerintah menegaskan hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat mengobati Covid-19.

Namun ada beberapa obat yang dianggap memiliki potensi dan siap digunakan dalam terapi Covid-19.

Adapun 11 obat itu dalam tabel berikut

11 obat yang digunakan untuk terapi Covid-19

Pemerintah Tentukan HET Bagi Obat Terapi Covid-19

Kementerian Kesehatan telah menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) terhadap 11 obat yang digunakan dalam penanganan pandemi COVID-19.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/MENKES/4826/2021 tentang Harga EceranTertinggi Obat Dalam Masa Pandemi COVID-19 yang ditetapkan pada 2 Juli 2021.

Penetapan HET ini, menyusul banyaknya platform e-commerce maupun produsen yang menjual obat perawatan pasien COVID-19 dengan harga bervariasi. Oleh karenanya, pemerintah perlu menjamin keterjangkauan harga obat dimasa pandemi dengan mengatur harganya.

Baca juga:   Muncul Varian Baru Covid-19 Bernama Deltacron, Wali Kota Manado Minta Masyarakat Tuntaskan Vaksinasi

HET obat ini berlaku bagi apotek dan instalasi farmasi, rumah sakit/klinik, dan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada diseluruh Indonesia.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembelian obat secara bebas dalam jumlah yang banyak ataupun menggunakannya tanpa resep dokter.

Jangan melakukan self-medication tanpa pengawasan maupun anjuran dari tenaga kesehatan.

Ditekankan bahwa penetapan HET ini adalah untuk kepentingan masyarakat, apabila terdapat pihak-pihak yang mencoba mengambil keuntungan yang tidak wajar dimasa pandemi maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Update Data Covid-19 di Indonesia Minggu (4/7/2021)

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia saat inj menjadi 2.284.084 kasus dengan 1.928.274 sembuh dan 60.582 meninggal. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.