Banyak Selamatkan Nyawa Pasien, ‘Tocilizumab’ Obat Covid-19 Yang Harganya Jutaan Rupiah

oleh -147 Dilihat
obat covid-19 Tocilizumab

JAKARTA – Tocilizumab disebut-sebut merupakan Obat Covid-19 yang Harganya mencapai Jutaan Rupiah.

Sudah beragam obat yang digunakan sebagai pengobatan Covid-19, Salah satu yang sedang ramai yaitu Tocilizumab, obat Covid-19 yang dijual dengan merek dagang Actemra seharga jutaan rupiah.

Apa itu tocilizumab? yang disebut dapat selamatkan nyawa pasien yang terpapar covid-19

Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, guru Besar Fakultas Farmasi UGM, mengatakan tocilizumab adalah obat antibodi monoklonal dan merupakan anti interleukin 6.

Interleukin 6 adalah sitokin protein yang menjadi mediator utama inflamasi dan respons imun berlebih yang menyebabkan peradangan hebat didalam tubuh yang dikenal sebagai badai sitokin.

“Terutama pada pasien Covid-19 yang berat, biasanya terjadi badai sitokin, dan sitokin itu ada berbagai macam, salah satunya yang sering muncul adalah interleukin 6,” ungkap Prof Zullies.

Foto : ilustrasi obat

Prof Zullies mengungkapkan, Sebelum menjadi salah satu obat Covid-19, sebenarnya Tocilizumab biasanya digunakan pada orang dengan penyakit rheumatoid arthritis, yaitu penyakit autoimun yang menyerang persendian.

“Obat ini hanya tersedia di apotek di rumah sakit, tidak tersedia secara umum di apotek biasa,” ungkapnya.

Obat Tocilizumab yang dipasarkan dengan merek dagang Actemra ini, harus disimpan pada suhu tertentu, tidak seperti obat umum lain yang lebih mudah disimpan, obat ini juga hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Dan hanya diberikan saat kondisi pasien kritis.

“Karena untuk pasien Covid-19 dengan sakit yang ringan, obat tocilizumab ini tidak perlu diberikan. Sebab, selain mahal juga, kondisi pasien dengan sakit ringan juga tidak menunjukkan badai sitokin,” kata Prof Zullies.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.