Wamendag Jerry Sambuaga Resmikan Pasar Berdikari Tumpaan

oleh
Wamendag RI, DR Jerry Sambuaga saat meresmikan beroperasinya Pasar Berdikari Tumpaan, Minsel, Sulawesi Utara, Selasa (29/6/2021).

MINSEL– Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, DR Jerry Sambuaga, didampingi Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Petra Yani Rembang. meresmikan Pasar Berdikari Tumpaan,  Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Selasa (29/6/2021).

Dalam sambutannya, Wamendag Jerry Sambuaga menyatakan bahwa program revitalisasi pasar rakyat menjadi tugas penting Kementerian Perdagangan dalam mengemban dan menjalankan mandat Presiden RI, Joko Widodo, sebagai salah satu bentuk keberpihakan pemerintah kepada warganya.

Sambutan Wmendag RI, DR Jerry Sambuaga saat meresmikan Pasar Berdikari Tumpaan.

Lanjut dikatakannya, Kemendag RI membantu pembangunan pasar ini untuk mendorong pasar rakyat agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan dan toko modern sehingga dapat meningkatkan omzet pedagang pasar rakyat. Ini adalah wujud keberpihakan pemerintah pada ekonomi kerakyatan.

Menurut Wamendag Jerry, pembangunan pasar rakyat yang nyaman bagi penjual dan pembeli dapat mengangkat daya saing dan citra pasar rakyat di masyarakat. Selain pembangunan fisik, manajemen pengelolaan pasar juga menjadi perhatian Kemendag. Para pengelola dibina secara khusus agar lebih memahami pengelolaan pasar rakyat. Kapasitas para pedagang juga ditingkatkan melalui keikutsertaannya dalam sekolah pasar.

Baca juga:   Minsel Mulai Terapkan Operasi Yustisi Penegakan Protokol COVID-19
Wamendag saat meninjau operasional Pasar Berdikari Tumpaan.

“Pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar rakyat. Namun, keunggulan yang terdapat di pasar rakyat adalah harga yang terbentuk merupakan hasil tawar-menawar para pihak,” ujar Wamendag.

Dikatakan juga oleh Wamendag, bahwa pembangunan Pasar Berdikari Tumpaan ini bertujuan  meningkatkan pendapatan para pedagang serta pelaku ekonomi yang ada di Minahasa Selatan. Kenyamanan pasar ini juga dapat memudahkan akses transaksi jual beli. Arus barang antar wilayah khususnya barang kebutuhan pokok (bapok) masyarakat semakin lancar. Dengan memiliki pasar yang mumpuni, kebutuhan bapok suatu daerah akan terpenuhi dan terjaga dengan baik.

“Program bantuan pendirian pasar rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kemendag untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang dengan mendorong omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat pasar dalam negeri sebagai penyangga ketersediaan bapok yang menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional,” imbuh Wamendag.

Baca juga:   Partai Pengusung Jokowi - KH.Ma'ruf Amin, Gelar Deklarasi Dan Konsolidasi. Ramdhani: Jokowi Tidak Memberi Janji, Tapi Bukti Meski Terzolimi

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.