Tol Manado-Bitung Selesai Sepenuhnya Agustus 2021

oleh
tol manado bitung, sulawesi utara (sulut)
Tol Manado - Bitung

BITUNG – Melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), targetkan jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B ruas Danowudu-Bitung sepenuhnya rampung pada Agustus 2021.

Foto : jalan tol Manado Bitung

Disampaikan oleh siaran pers BPJT di Jakarta, saat ini progres konstruksi seksi 2B ruas Danowudu-Bitung sudah mencapai 84,34% ddan diharapkan dapat rampung sepenuhnya Agustus 2021.


Diketahui jalan Tol Manado-Bitung yang terdiri dari 2 seksi itu memiliki panjang keseluruhan 39,85 Km dan merupakan jalan Tol terpanjang di Pulau Sulawesi juga adalah ruas Tol pertama di Sulawesi Utara.

Foto : jalan tol Manado-Bitung


Tahap pertama, yakni ruas Tol Manado-Danowudu sepanjang 26 Km diresmikan sejak tahun 2020 lalu, jalan Tol yang saat ini sudah dioperasikan tersebut sangat berperan penting dan bermanfaat guna menunjang perekonomian di Sulawesi Utara.

Pembangunan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,85 km dibagi menjadi dua seksi yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 11 km dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan progres Seksi 1A ruas Manado-Sukur (5 km) dan Seksi 1B ruas Sukur-Airmadidi (6 km).

Baca juga:   Tinjau Kepulauan, VAP Dapat PR Bantuan Khusus Nelayan
Foto : jalan tol Manado-Bitung


Dan untuk Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 28,85 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi–Danowudu (15,35 km) dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km).

Foto : jalan tol Manado-Bitung

Setelah jalan Tol ini rampung seluruhnya, maka akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung yang biasanya 1,5 jam, hanya menjadi setenga jam


Tol Manado – Bitung akan terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga akses dapat lebih mudah dijangkau.

Foto : jalan tol Manado-Bitung

Dengan dukungan infrastruktur Jalan Tol Manado – Bitung ini, maka akan semakin mengembangkan potensi ekonomi di sekitarnya seperti, industri perikanan, pertanian, juga perkebunan dan sektor pariwisata.


Juga sangat berpengaruh dalam memangkas biaya logistik dari Pelabuhan Bitung sekaligus mendukung meningkatnya perekonomian kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.


Sama halnya memberi dukungan kepada pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado – Bitung – Likupang. (*)

Baca juga:   Bitung Mulai Berlakukan Jam Malam, Tidak Ada Aktivitas Diatas Jam 10 Malam Bagi Anak Usia Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.