Ditolak Alm Helmud Hontong, Ini Sosok Dibalik Tambang Emas Sangihe

oleh
President and Director PT TMS,Terry Filbert

BITUNG – Setelah kematian Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong, PT Tambang Mas Sangihe (TMS) ramai dibicarakan.

Sontak banyak pihak yang mengaitkan kematian Hontong dengan penolakannya terhadap perizinan tambang milik PT TMS di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Hontong adalah salah satu tokoh yang paling menolak keberadaan PT TMS yang dinilai merusak alam pulau Sangihe.

Foto : Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong

Pertanyaan terkait sosok di balik perusahaan tambang emas Sangihe mencuat seiring meninggalnya Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong, yang sempat menolak izin operasi pertambangan.

Perusahaan yang beroperasi di lokasi tambang emas Sangihe yaitu PT Tambang Mas Sangihe (TMS), yang tak lain adalah anak perusahaan dari Baru Gold Corp, perusahaan asal Kanada yang sebelumnya bernama East Asia Minerals.

Dikutip dari laman resmi perusahaan, Baru Gold Corp adalah perusahaan publik eksplorasi sumber daya mineral Kanada yang berfokus pada pengembangan proyek produksi logam mulia di Indonesia.

Baca juga:   Dalam Sukacita HUT Ke-59 Gaghana Resmikan SPBU 7495814

Baru Gold Corp diketahui memegang saham mayoritas PT Tambang Mas Sangihe atau PT TMS untuk mengelola pengoperasian tambang emas di Pulau Sangihe, yang berlokasi antara ujung utara Pulau Sulawesi (Indonesia) dan ujung selatan Mindanao (Filipina).

Foto : lokasi tambang emas sangihe

“Baru Gold memegang 70 persen saham dengan tiga perusahaan Indonesia memegang gabungan saham 30 persen sisanya,” tulis laman resmi barugold.com, dikutip pada Kamis (11/6/2021).

Berdasarkan catatan Harian Kompas yang diberitakan 25 April 2021, tiga perusahaan Indonesia yang memegang 30 persen saham sisanya, yaitu PT Sungai Balayan Sejati (10 persen), PT Sangihe Prima Mineral (11 persen), dan PT Sangihe Pratama Mineral (9 persen).

Sejumlah direksi pada jajaran manajemen Baru Gold Corp juga diketahui duduk di kursi manajemen PT TMM, termasuk CEO Baru Gold Corp, Terry Filbert.

Berikut susunan direksi PT Tambang Mas Sangihe (TMM) :

President and Director PT TMS: Terry Filbert

Baca juga:   NJOP Kampung Bowone Rp 10 Ribu- Rp 34 Ribu/M2, Tatande : Pemilik Lahan Bakal Kantongi Rp 100-Rp 340 Juta/Hektar

Chief Geologist and Qualified Person:Frank Rocca

Government Relations and Director TMS: Todotua Pasaribu

General Manager and Director TMS: Garry Kielenstyn

“Pengoperasian Baru Gold di Indonesia dikelola oleh tim profesional yang berpengalaman dan termotivasi dengan pengalaman dan keterampilan internasional yang luas dan luas dalam eksplorasi mineral dan industri pertambangan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Siapa Sebenarnya Sosok di Balik Perusahaan Tambang Emas Sangihe?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.