14 Kabupaten/Kota di Zona Kuning, Kesembuhan Pasien COVID-19 di Sulut Capai 95 Persen

oleh
dr Steaven Dandel MPH.

MANADO – Empat Belas Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini beeada di zonasi kuning (kategori rendah), serta akumulasi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut) yang telah dinyatakan sembuh terus melonjak hingga mencapai 95 persen.

Hal ini diungkapkan Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Kamis (3/6/2021).

“Warga Sulut yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 total sudah mencapai 14.980 orang setelah ketambahan kasus sembuh harian sebanyak 29 orang,” sebut  dr Steaven Dandel MPH.

Sebanyak 29 kasus sembuh harian tersebut berasal dari Kota Kotamobagu (19 orang), Kabupaten Minahasa Tenggara (delapan orang) dan Kota Manado (dua orang).

Dokter Steaven menambahkan pasien yang sementara mendapatkan perawatan ataupun melakukan isolasi mandiri terus menciut hingga 243 orang atau sebesar 1,53 persen.

Sementara, angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 3,47 persen dengan jumlah kasus meninggal sebanyak 547 orang.

Baca juga:   PERSI Sulut-Dinkes-DPR RI Evaluasi UU BPJS

Satgas mencatat akumulasi kasus terkonfirmasi positif meningkat menjadi 15.770 orang setelah ketambahan sebanyak lima kasus baru yang semuanya berasal dari Kabupaten Minahasa.

Dengan melihat keadaan ini, dr Steaven Dandel berharap agar warga terus menerapkan protokol kesehatan serta memanfaatkan fasilitas vaksinasi yang telah disediakan pemerintah.

“Tetap patuhi Prokes dengan cara mematuhi 5M, yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas, dan manfaatkan fasilitas vaksinasi milik pemerintah,” kata Dandel.

Sementara itu, berdasarkan data peta sebaran COVID-19 di Sulut, satu-satunya daerah yang termasuk kategori sedang (zona oranye) adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, sedangkan 14 kabupaten dan kota lainnya kategori rendah (zona kuning).

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.