Ingatkan Ucapan ‘Merdeka’ Sebagai Salam Nasional, Wali Kota AA: Itu Bukan Milik Organisasi Tertentu Saja

oleh
Wali Kota Manado, Andrei Angouw.

MANADO– Dalam berbagai kesempatan dan di berbagai kegiatan, biasanya Wali Kota Manado, Andrei Angouw (AA) saat membawakan sambutan dan pengarahan, selalu membukanya dengan pekikan ‘Merdeka’.

“Merdeka ini adalah salam nasional bukan milik organisasi tertentu,” jelas Wali Kota Manado yang baru dilantik pada 10 Mei 2021 lalu.

Pada Apel perdana usai libur Kenaikan Isa Al Masih dan Idhul Fitri, Senin (17/5/2021) pagi tadi, mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini menceritakan sedikit ikhwal sejarah dari salam Nasional ini.

“Pekikan ‘Merdeka’ itu berawal saat Presiden RI 1, Ir Soekarno membuat maklumat mengenai salam nasional dan mengimbau agar rakyat Indonesia dimanapun berada, pada saat bertemu menyampaikan salam nasional tersebut. Itu terjadi pada tanggal 31 Agustus 1945,” ungkap Wali Kota AA.

Lanjutnya, dan sampai sekarang ini, maklumat tersebut belum pernah dicabut saat mulai diberlakukan sejak 1 September 1945 lalu

Baca juga:   Ada NIK e-KTP Ganda, Ini Penjelasan Oehlers

“Pekikan ‘Merdeka’ ini juga mengingatkan kita bahwa kemerdekaan ini harus diisi untuk
melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa, dimana kita sebagai bangsa harus merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari Covid-19 untuk saat ini,” ujar Wali Kota Manado periode 2021-2024.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.