Capaian Pajak Restoran Kota Tomohon Mendominasi, Per 15 April 52,88 Persen

oleh

TOMOHON-Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tomohon hingga 15 April 2021 terus bergerak positif menopang keuangan daerah.


Dijelaskan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs Gerardus Mogi MAP, jenis pendapatan yang cukup menonjol capaiannya yaitu Pajak Restoran.


Dari target 2,5 miliar rupiah untuk tahun 2021, sudah terealisasi sebesar Rp1.322.804.043 atau 52,88 persen dari target yang ditetapkan.


“Dari 11 jenis pendapatan untuk sektor Pajak Daerah, Pajak Restoran mendominasi pendapatan asli daerah dari segi nilai maupun persentase,” sebut Mogi didampingi Kabid Pengelolaan Pendapatan Daerah Christofel Manangka SE.


Diketahui, Pajak Restoran adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran. 
Objek Pajak Restoran adalah pelayanan yang disediakan oleh restoran meliputi pelayanan penjualan makanan dan/atau minuman yang dikonsumsi oleh pembeli, baik dikonsumsi di tempat pelayanan maupun di tempat lain.


Menurut Pasal 40 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi daerah, tarif Pajak Restoran ditetapkan paling tinggi sebesar 10%. Dan tarif tersebut ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Baca juga:   Pelayan Publik Divaksin, Wawali Tomohon: Semoga Perekonomian Cepat Pulih


Geliat aktivitas restoran menunjang keuangan daerah ini, Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE berpesan supaya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Karena itu, dibutuhkan kesadaran melakukan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Baik itu oleh pelaku usaha maupun konsumen.


“Jika nantinya kasus Covid-19 kembali naik di Kota Tomohon tentunya dapat memberi dampak buruk terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Kota Tomohon,” tandas Wawali Wenny.(vhp) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.