Rekam Jejak Eks Sekum FPI Hingga Ditangkap Tim Densus 88

oleh -386 Dilihat
muarman
eks sekertaris umum FPI

Jakarta – Eks Sekum FPI Munarman tiba di Polda Metro Jaya, penangkapan munarman ini atas dugaan menggerakan orang untuk melakukan tindakan terorisme.

Munarman ditangkap di kediamannya di Pamulang, Tangsel, sekitar pukul 15:00 WIB

Penangkapan tersebut juga terkait dengan aktivitas Baiat Teroris di 3 Kota.


Foto : Munarman,saat tiba di polda metro

“(Ditangkap terkait) baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan,” jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/4/2021).

Jauh sebelum bergabung dengan organisasi terlarang FPI, Munarman dikenal sebagai aktivis prodemokrasi. Karirnya dimulai saat ia bergabung dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Palembang.

Dia kemudian bergabung ke Komite Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Di KontraS, dia pun didapuk sebagai koordinator.

Pada 2002, Munarman kembali ke YLBHI. Pria asal Palembang ini bahkan dipilih mengisi kekosongan kursi Ketua YLBHI saat itu. Namun dia kemudian diberhentikan lantaran terlibat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Munarman juga pernah menjadi anggota tim pengacara Abu Bakar Ba’asyir. Saat itu, Ba’asyir terjerat kasus Bom Bali dan divonis 2,5 tahun penjara.

Foto : munarman

Kedekatannya dengan Ba’asyir disebut-sebut sebagai awal mula Munarman tertarik dengan gerakan Islam, termasuk dengan HTI. HTI sendiri dibubarkan pada 2017 karena dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Dari HTI-lah Munarman mengenal sejumlah tokoh Islam garis keras. Salah satunya eks Ketua FPI Habib Rizieq Shihab.

Munarman pun kemudian makin dekat dengan Habib Rizieq. Dia bahkan menduduki posisi penting di FPI, seperti Panglima Komando Laskar Islam, juru bicara, dan terakhir sekretaris umum.

Pada Februari lalu, nama Munarman pernah disebut-sebut oleh terduga teroris yang ditangkap di Makassar. Munarman disebut menghadiri acara baiat ISIS yang digelar di Makassar.

Munarman juga didapuk sebagai anggota tim kuasa hukum Habib Rizieq. Saat ini, dia juga menjadi anggota tim pengacara Habib Rizieq dalam kasus kerumunan dan tes swab di RS Ummi.

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul : Rekam Jejak Munarman hingga Ditangkap Densus 88

No More Posts Available.

No more pages to load.