Profil Penghianat Bangsa Lukius Matuan, Mantan Anggota TNI yang Gabung dengan KKB

oleh
Lukius Matuan alias Lucky

PAPUA – Disaat rekannya berjuang mati-matian melawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua untuk menjaga kedaulatan NKRI di Bumi Cendrawasih, Pratu Lukius Matuan justru melakukan perbuatan tercela dengan menjadi penghianat bangsa dan bergabung dengan KKB Papua

Lukius diketahui melarikan diri saat bertugas di raider 400 yang melakukan pengamanan di Intan Jaya, kemudian bergabung dengan KKB.

Foto : Ilustrasi KKB (Tribunnews.com)

Dalam pelariannya, ia bahkan tak segan terlibat aksi teror bersama KKB.

Seperti apa sosok Lukius? Apa motif yang membuatnya bergabung dengan KKB?

Dilansir dari Kompas.TV, Asisten Operasi Kogabwilhan III, Brigjen TNI Suswatyo mengungkap identitas dari Pratu Lukius yang membelot ke KKB.

“Berkenaan dengan pratu Lukius sekitar 2 bulan lalu mereka desersi dari satuannya. Kebetulan dia satuan dari raider 400 yang melakukan tugas di Intan Jaya,”ungkap Suswatyo dalam wawancara pada KompasTV.

Suswatyo menyesalkan perbuatan Lukius yang akhirnya berkhianat, padahal tengah menjalankan tugas di Intan Jaya.

Baca juga:   Sosok Dailami, Mantan Petinggi GAM yang Saat Ini Jadi Wakil Bupati, Nyaris Mati Ditembak TNI

“Mereka datang untuk menyekesaikan permasalahan malah membuat masalah. Mereka sudah berkhianat tentunya kita tidak tinggal diam dan akan bertindak tegas. Mudah-mudahan juga mereka bisa dilumpuhkan oleh satuan TNI yang bertugas di Sugapa atau Intan Jaya itu,”jelas Suswatyo.

Diketahui, Pratu Lukius Y Matuan, adalah anggota Yon Infanteri 400 Raider.

Sebelumnya Lukius diduga telah bergabung dengan OPM pimpinan Sabinus Waker yang beroperasi di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *