Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa? Lebih Berbahaya!

oleh -447 Dilihat

JAKARTA – Saat menjelang berbuka puasa selain makan dan minum, merokok juga sangat dinantikan saat berbuka puasa, bahkan langsung merokok saat waktu berbuka tiba.

Sedangkan disunnahkan untuk mengonsumsi makanan manis seperti kurma untuk menggantikan energi yang hilang selama berpuasa . Setelah itu baru dianjurkan makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk setelah sholat maghrib.

Foto : ilustrasi rokok

Langsung merokok saat berbuka tentu saja memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena langsung menghirup zat berbahaya yang meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Langsung merokok saat berbuka puasa sebenarnya tidak disarankan karena memiliki efek buruk pada kesehatan. “Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama belasan jam. Perut kosong dan tidak ada nutrisi yang masuk.

Tapi ketika buka puasa sebentar langsung merokok, itu berarti yang kita masukan pertama ke dalam tubuh adalah zat-zat beracun,” ujar dr.Agus Dwi Susanto, spesialis paru dari RS.Persahabatan Jakarta kepada Kompas Lifestyle. Ia memaparkan bahaya zat-zat yang terdapat dalam asap rokok, terutama yang bersifat akut seperti nikotin dan karbonmonoksida. “Efek nikotin akan langsung masuk ke otak karena ada reseptornya.

Jika kita memasukkan nikotin dalam jumlah banyak pada waktu singkat akan timbul rasa mual dan sakit kepala,” paparnya.

Sementara itu, karbon monoksida merupakan zat beracun yang mengikat hemoglobin darah 300 kali lebih kuat dibanding oksigen.

Foto : ilustrasi rokok

Menurut dr.Agus, akibatnya adalah sirkulasi karbon monoksida dalam sirkulasi sangat banyak.

Tubuh pun bisa kekurangan oksigen dan terasa pusing. “Berbuka puasa dengan rokok berarti racun akan masuk dalam darah dengan cepat.

Kalau zat-zat kimia lain, seperti tar sifatnya kronik atau jangka panjang dan berakumulasi di dalam tubuh,” imbuhnya. Selain itu, kebiasaan merokok saat berbuka puasa juga lebih gampang memicu batuk akibat iritasi saluran napas.

“Kita tidak minum sehingga hidrasi kurang dan tenggorokan kering.

Iritasi saluran napas lebih gampang jika kita merokok,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bahayanya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa”

No More Posts Available.

No more pages to load.