Bolehkah Mencium Istri di Siang Hari di Bulan Puasa? Begini penjelasannya

oleh

JAKARTA – Ciuman memanglah wajar dilakukan pasangan suami istri yang sudah menikah secara sah.

Ciuman merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa sayang kepada istri atau suami kita.

Namun apakah ciuman diperbolehkan selama menjalankan ibadah puasa? begini penjelasannya :

Foto : ilustrasi ciuman

Ini boleh dilakukan, selama keduanya mampu mengendalikan hasrat seksualnya, dan tidak sampai keluar mani.

Tetapi, jika berkata mesra atau berciuman antara suami istri saat berpuasa di siang hari (waktu puasa), hingga mengeluarkan mani, maka batal puasanya.

Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim dari Amr bin Salamh, dia bertanya kepada Rasululullah SAW, apakah orang berpuasa boleh mencium ? Rasulullah bersabda; “Tanyakan kepada dia (maksudnya Ummu Salamah), lalu Ummu Salamah menjelaskan, bahwa Nabi SAW berbuat seperti itu (mencium saat berpuasa)”.

Dari keterangan di atas, dapat dipahami bahwa kebiasaan mencium istri di waktu pagi saat akan berangkat kerja dan dalam keadaan berpuasa, selama mampu mengendalikan dan tidak sampai keluar mani, dibolehkan dan tidaklah membatalkan puasa.

Baca juga:   Kritik Cara Bangunkan Sahur Lewat Toa Masjid, Zaskia Adya Mecca Dapat Banyak Dukungan Netizen Dan Rekan Artis

Akan tetapi, bagi pasangan suami istri baru, atau bagi mereka yang sulit untuk mampu mengendalikan hasrat seksualnya, sebaiknya menghindari berkata mesra, mencium saat berpuasa sebagai ihtiyat (berhati-hati) agar tetap terjaga dalam menjalankan puasa Ramadan.

Foto : ilustrasi ciuman

Hal senada juga dijelaskan Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak (Dewan Pengawas LAZISMU).

Tradisi cipika-cipiki antara pasangan suami – istri, insya Allah dibolehkan saat berpuasa, sejauh tidak menimbulkan syahwat diantara keduanya. Kegiatan ini tentu tidak membatalkan puasa.

Tentang pahala puasa, tentu tetap menjadi rahasia Allah SWT. Kita tidak pernah tahu, apakah puasa kita diterima, ditolak atau dikurangi pahalanya,.

Namun tentu sebaiknya tetap berpikir positif bahwa Allah SWT akan menerima puasa hambaNya yang dilakukan dengan ikhlas, dan memenuhi semua syarat dan rukunnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Suami Istri Bermesraan dan Ciuman di Siang Hari, Apa Hukumnya? Puasanya Batal Tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.