Ketahuilah 10 Manfaat Telur untuk Kesehatan

oleh

ANDA penikmat makanan dari olahan telur? Tahu tidak, Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Telur sudah menjadi bahan makanan penting yang dibutuhkan sehari-hari. Banyak olahan makanan yang menggunakan telur. Telur bisa juga bisa diolah dengan berbagai macam teknik, seperti digoreng dan direbus. Terdapat berbagai cara untuk dapat menikmati sajian telur. Tak heran, banyak orang yang menyukai telur dan bisa makan banyak telur dalam seminggu.

Namun, adakah manfaat dan risiko dari mengonsumsi telur?

Padat nutrisi

Itu berarti telur memiliki lebih banyak nutrisi – vitamin, mineral, asam amino – per kalori dibandingkan  kebanyakan makanan lain. Makanlah telur dan anda akan mendapatkan Protein berkualitas tinggi, Selenium, Fosfor, Kolin, Vitamin B12,dan berbagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan sel Anda

Membantu Kolesterol ‘Baik’ Anda

Kolesterol “baik” ini, yang disebut HDL, tampaknya meningkat pada orang yang memakan tiga butir telur atau lebih dalam sehari. Tentu saja, LDL, tipe “buruk”, juga ikut naik. Namun tak perlu khawatir, sebab hal ini tak akan membuat anda jatuh sakit.

Baca juga:   BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS Selama Libur Lebaran 2019

Dapat Menurunkan Trigliserida Anda

Trigliserida yang  rendah  baik untuk kesehatan Anda. Makan telur, terutama yang diperkaya dengan asam lemak tertentu (seperti omega-3) akan menurunkan kadar Trigliserida Anda.

Memperkecil Terjadinya Serangan Stroke

Meskipun menurut penelitian berbeda-beda, namun dengan mengonsumsi telur setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya serangan Stroke. Dalam sebuah penelitian di China baru-baru ini, orang yang minum telur mentah sekali dalam sehari, 30% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke hemoragik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya..

Mengontrol Porsi Makanan dan Mudah dibawa

Sebutir telur mengandung sekitar 70 kalori. Telur mudah dibawa bepergian. Rebus telur dan masukkan ke dalam kulkas. Tambahkan salad atau beberapa potong roti dan Anda akan mendapatkan makan siang yang cepat dan sehat.

Harga Terjangkau

Dengan harga yang mura, dibandingkan dengan manfaatnya yang besar, mengonsumsi telur tak akan membuat anda bangkrut. Tambahkan seiris roti gandum, sedikit alpukat, dan sedikit saus pedas, dan Anda akan mendapatkan makanan mewah dengan harga yang sangat murah. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang gula atau karbohidrat karena telur juga tidak mengandung kedua elemen tadi.

Baca juga:   Menkes RI Apresiasi Stand Pameran HKN Dinkes Sulut

Menyehatkan Jantung

Terkejut? Itu benar. Secara keseluruhan, orang yang makan banyak telur, nampaknya tidak meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Bahkan orang dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2 sama sehatnya dengan jantungnya setelah diet tinggi telur yang dirancang untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian di Tiongkok baru-baru ini, orang yang makan sekitar telur dalam sehari, hampir 20% lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung dibandingkan bukan pemakan telur.

Mengeyangkan

Makanlah untuk sarapan dan Anda akan merasa kenyang lebih lama. Itu akan membuat Anda cenderung makan lebih sedikit sepanjang hari. Misalnya, rata-rata, remaja yang makan telur di pagi hari memiliki 130 kalori lebih sedikit saat makan siang.

Membantu Mata

Dokter tahu bahwa antioksidan lutein dan zeaxanthin membantu mencegah terkena penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung juga memilikinya. Tapi telur adalah sumber yang lebih baik. Itu karena lemak yang mereka miliki membuat tubuh lebih mudah menggunakan nutrisinya.

Baca juga:   Ketua IPK Sulut: Penjara Bukan Tempat Ideal Membesarkan Anak

Membantu Mempertajam Otak

Telur memiliki vitamin D, yang baik untuk Gray Matter (tempat di mana badan sel neuron berada di otak, dan merupakan tempat paling aktif di otak) Anda dan sulit didapat dari makanan. Telur memiliki sesuatu yang disebut kolin yang membantu sel-sel saraf (neuron) di otak Anda berhubungan satu sama lain. Kolin juga sangat penting bagi wanita hamil dan wanita menyusui karena perannya yang besar dalam perkembangan otak.

Nah, baru tahu kan manfaat dari mengonsumsi telur? Tunggu apalagi?

(Budi/sumber: webmd.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *