Seperti Ini Sejarah Perkembangan Teroris di Dunia, Ternyata Sudah Ada di Indonesia Sejak 1981

oleh

JAKARTA – Aksi terorisme yang marak terjadi belakangan ini di Indonesia, terus menyedot perhatian masyarakat. Bahkan kata kunci teroris sekarang menjadi trending dalam mensin pencari google

Lalu, apa sebenarnya teroris itu? seperti apa sejarah perkembangannya? dan kapan masuk di Indonesia?

Sejarah Teroris

Berikut dilansir dari wikipedia, ternyata praktik terorisme, sudah berkembang sejak berabad-abad lalu ditandai dengan bentuk kejahatan murni berupa pembunuhan dan ancaman yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu.

Perkembangannya bermula dalam bentuk fanatisme aliran kepercayaan yang kemudian berubah menjadi pembunuhan, baik yang dilakukan secara perorangan maupun oleh suatu kelompok terhadap penguasa yang dianggap sebagai tiran.

Pembunuhan terhadap individu ini sudah dapat dikatakan sebagai bentuk murni dari Terorisme dengan mengacu pada sejarah Terorisme modern.

Foto : Ilustrasi Teroris

Meski istilah Teror dan Terorisme baru mulai populer abad ke-18, namun fenomena yang ditujukannya bukanlah baru. Menurut Grant Wardlaw dalam buku Political Terrorism (1982), manifestasi Terorisme sistematis muncul sebelum Revolusi Prancis, tetapi baru mencolok sejak paruh kedua abad ke-19. Dalam suplemen kamus yang dikeluarkan Akademi Prancis tahun 1798, terorisme lebih diartikan sebagai sistem rezim teror.

Baca juga:   Profil Samin Tan Miliarder Buronan yang Berhasil Diciduk KPK, Harta Kekayaanya Capai 13 Triliun

Kata Terorisme berasal dari Bahasa Prancis le terreur yang semula dipergunakan untuk menyebut tindakan pemerintah hasil Revolusi Prancis yang mempergunakan kekerasan secara brutal dan berlebihan dengan cara memenggal 40.000 orang yang dituduh melakukan kegiatan anti pemerintah.

Selanjutnya kata Terorisme dipergunakan untuk menyebut gerakan kekerasan anti pemerintah di Rusia. Dengan demikian kata Terorisme sejak awal dipergunakan untuk menyebut tindakan kekerasan oleh pemerintah maupun kegiatan yang anti pemerintah.

Terorisme muncul pada akhir abad 19 dan menjelang terjadinya Perang Dunia-I, terjadi hampir di seluruh belahan dunia.[4] Pada pertengahan abad ke-19, Terorisme mulai banyak dilakukan di Eropa Barat, Rusia dan Amerika. Mereka percaya bahwa Terorisme adalah cara yang paling efektif untuk melakukan revolusi politik maupun sosial, dengan cara membunuh orang-orang yang berpengaruh.

Aksi Teroris Pertama di Indonesia

Ternyata terorisme, bukanlah hal yang baru di Indonesia, sebab terorisme sejatinya telah terjadi sejak tahun 1981, dimana aksi terorisme pertama di Indonesia terjadi dalam sebuah penerbangan di maskapai Garuda Indonesia pada 28 Maret 1981.

Baca juga:   Detik-detik Ledakan yang Terjadi di Depan Gereja Katedral Makassar yang Terekam CCTV

Dilansir dari wikipedia sebuah penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Palembang ke Medan pada Penerbangan dengan pesawat DC-9 Woyla berangkat dari Jakarta pada pukul 8 pagi, transit di Palembang, dan akan terbang ke Medan dengan perkiraan sampai pada pukul 10.55.

Dalam penerbangan, pesawat tersebut dibajak oleh 5 orang teroris yang menyamar sebagai penumpang. Mereka bersenjata senapan mesin dan granat, dan mengaku sebagai anggota Komando Jihad; 1 kru pesawat tewas; 1 tentara komando tewas; 3 teroris tewas.

Jokowi Ajak Masyarakat Perangi Teroris

Foto : Presiden Joko Widodo

Sebelumnya Presiden Joko Widodo, mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk bersama memerangi teroris.

Jokowi mengatakan agar seluruh lapisan masyarakat untuk tidak takut terhadap teroris, serta terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dan melaporkan jika ada aksi yang mecurigakan

“Selain itu, saya meminta masyarakat untuk merespon aksi terorisme ini dengan kepala dingin dan tidak saling menuding,” tandasnya

Baca juga:   8 Zodiak yang Berbunga-bunga dan Penuh Cinta Hari ini, Kamis 18 Maret 2021