Detik-detik Tenggelamnya Kapal KLM Satria Akibat Dihantam Ombak Besar

oleh

JAKARTA – Nasib naas menimpa kapal KLM Satria Indonesia, kapal denga delapan Anak Buah Kapal (ABK) ini mengangkut 390 ton sembako yang diketahui tenggelam di perairan Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Kamis 1 April 2021.

Nor Soleh (Camat Karimunjawa) menjelaskanKapal naas tersebut berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang 31 Maret 2021 Pukul 19:00 WIB dengan tujuan Pelabuhan Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Diduga kapal tersebut mengalami kebocoran setelah diterjang obak besar.

Foto : deik-detik KLM satria tenggelam

Baru berlayar sesaat, kapal mengalami kebocoran pada lambung. Detik-detik KLM Satria Indonesia tenggelam sempat direkam kru KM Hidayah Star selaku kapal penolong, yang dinahkodai Jumasah warga Karimunjawa.

Beruntung, sebelum kapal tenggelam dan hilang, delapan kru KLM Satria Indonesia berhasil menyelamatkan diri dengan rakit yang terbuat dari styrofoam.

Sebelum akhirnya diselamatkan oleh kapal nelayan. Kecelakaan laut ini terjadi di tiga mil sebelah utara Pulau Parang Kecamatan Karimunjawa, Jepara.

Baca juga:   Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

Foto : detik-detik KLM satria tenggelam

KLM Satria Indonesia dengan nakhoda Eko Sudiyarso, sedianya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju Pelabuhan Ketapang dengan bermuatan 390 ton sembako. Video Pencarian Penumpang Kapal Tenggelam di Tanjung Medan, 1 Korban Tewas Ditemukan Namun, setelah sampai di utara pulau parang, kapal dihantam gelombang besar hingga terjadi kebocoran pada lambung bagian belakang. Sebelum tenggelam nakhoda kapal sempat meminta pertolongan dengan menggunakan radio navigasi.

“Badai disertai hujan menghantam lambung kapal dan akhirnya tenggelam. Seluruh kru KLM Satria Indonesia akhirnya berhasil dievakuasi oleh kru Kapal Kayu Alhidayah,” kata Kapolsek Karimunjawa, Iptu Slamet Raharjo. Setelah berhasil dievakuasi oleh kru kapal motor hidayah star, seluruh korban selamat dibawa ke puskesmas karimunjawa guna menjalani cek medis.

Rencananya, delapan kru KLM Satria Indonesia akan dipulangkan melalui Pelabuhan Jepara, pagi ini, Jumat (2/4/2021).

Baca juga:   Dalam Sepekan Heboh 6 Kasus Perselingkuhan, Bu Kades, Polwan, Hingga Istri Pejabat

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul ” Kapal Sembako Tenggelam di Karimunjawa usai Lambung Bocor, 8 Kru Selamat