Aksi Vandalisme Menimpa Balai Wartawan, PWI Sulawesi Utara Tempuh Jalur Hukum

oleh

MANADO-Aksi vandalisme menimpa Balai Wartawan milik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara.  Dikisahkan Yamin Sumo, pada Kamis (1/4/2021) sekira pukul 09.30 Wita, dirinya hendak membersihkan Gedung PWI Sulut yang terletak di Jalan Sudirman Nomor 3, Lawangirung, Kecamatan Wenang, Kota Manado. 

Yamin yang bertugas menjaga Gedung PWI tersebut terkejut saat mendapati pintu masuk di lantai dua sudah dibobol dan dirusak.  “Awalnya saya ingin membersihkan ruangan di lantai dua, tapi saya lihat pintu masuk di ruangan pengurus PWI itu sudah terbuka,” ungkap Yamin.

Diterangkannya,  kursi, meja dan atribut ucapan selamat konferensi sulut 2021, tak luput dari sasaran oknum tak bertanggungjawab tersebut.  “Atribut disobek-sobek dengan pisau. Sedangkan meja kaca di ruang tamu hancur berantakan,” ujarnya, sembari menambahkan, pisau yang diduga dipakai oleh pelaku masih ada di Gedung PWI. 

Dirinya pun langsung menghubungi Ketua PWI Sulut terpilih periode 2021-2026 Drs Voucke Lontaan, dan Bung Adrianus R Pusungnaung selaku Kepala Seksi Keamanan.

Baca juga:   Polisi Amankan Pelaku Penganiayaan di Desa Tonsawang

Peristiwa ini pun telah masuk laporan ke Polda Sulut.  “Kedatangan saya ke Mako Polda Sulut untuk melaporkan aksi pengrusakan itu melalui SPKT Polda Sulut pada pukul 16.30 Wita. Dengan laporan polisi nomor LP/162/IV/2021/Sulut/SPKT Tanggal 01 April 2021,” ucap, Bung Adrianus R Pusungnaung yang akrab disapa ARP.

Dijelaskan ARP, laporan polisi itu dibuat karena Ketua PWI Sulut terpilih yaitu Bung Voucke Lontaan masib menunggu SK dari PWI Pusat sekaligus pelantikan.  Sehingga dirinya diberi kewenangan untuk melaporkan kasus ini ke Polda Sulut. 

Siapa pelakunya, sebut ARP, PWI belum bisa berbicara banyak. Sambil tentunya menunggu proses hukum yang akan dilakukan oleh Polda Sulut. “Tapi biarlah semua ini kita serahkan kepada pihak kepolisian sembari kita kawal proses hukumnya,” pungkas Bung Arp.(vhp)