Tidur adalah Kebutuhan Biologis Penting, Ini Durasi Normal Setiap Usia

oleh -201 Dilihat

MANADO-Tidur adalah salah satu kebutuhan biologis yang penting untuk kehidupan selain makanan, minuman dan udara.


Normalnya, kebutuhan tidur setiap usia berbeda. Untuk bayi (0-24 bulan) butuh waktu tidur 13-16 jam.


Anak (2-13 tahun) butuh 10-12 jam, Remaja (14-18 tahun) butuh 8,5 jam setiap hari.


Sedangkan dewasa (19-45 tahun) 7-8 jam, dan dewasa tua (50-85 tahun) butuh 5-6 jam setiap hari.


Dijelaskan Dr dr Herliani Khosama SpS(K) dari RSUP Prof Kandou Manado, tidur sejak lama dianggap sebagai penghentian waktu saat otak dan tubuh mengalami shut down.


“Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidur memiliki tahapan yang berbeda pada sepanjang malam. Fungsi otak dan tubuh anda tetap aktif selama tidur, tetapi hal yang berbeda terjadi pada setiap tahap,” ujar Dokter Herliana.

 
Tahap-tahap tertentu dari tidur, lanjutnya, dibutuhkan untuk kita dapat merasakan istirahat yang cukup dan merasa energik untuk keesokan harinya.

Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, kreativitas dan suasana hati (mood). Juga memperkuat sistem kekebalan, dan memudahkan menjaga pola makan yang sehat.

 
Di sisi lain, kualitas tidur yang buruk akan membuat seseorang merasa lambat, depresi, dan rendah energi.


Faktanya, kata Dokter Herliana, tidur berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang. Jam tidur dan bangun tidur yang stabil mempengaruhi kualitas tidur yang baik dan menyebabkan mood dan performa lebih baik.


Jika jam tidur sering berubah dapat menyebabkan efek pada fungsi kognitif dan kesehatan. Muncul kecemasan akibat kurang beraktivitas.


“Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penyakit mental, bahkan kematian,” tandasnya.(vhp)

No More Posts Available.

No more pages to load.