Hebat, Ternyata Indonesia Masuk Daftar 10 Besar Negara Paling Dermawan di Dunia

oleh
Ilustrasi dermawan

SEBAGAI orang Indonesia kita patut berbangga, sebab saat ini, Indonesia masuk dalam daftar 10 negara yang penduduknya paling dermawan diseluruh dunia.

Predikat ini tertuang dalam laporan tahunan World Giving Index (WGI) edisi ke-10. Laporan disusun oleh Charities Aid Foundation berdasar survei perilaku dermawan masyarakat di berbagai negara.

Dari laporan tersebut, diketahui meski Indonesia bukan negara kaya namun dalam prilaku kedermawanan, kita menjadi salah satu negara paling dermawan di dunia.

dermawan-ilustrasi
Foto : Ilustrasi Dermawan

Survei dilakukan terhadap lebih dari 1,3 juta orang di 125 negara, dan disusun berdasarkan data yang dianalisis selama 10 tahun terakhir.

Tren perilaku dermawan dilihat selama masa krisis ekonomi, pemulihan, sampai ketidakstabilan gepolitik di suatu negara tersebut.

Tiga aspek yang dinilai dari perilaku dermawan dari masyarakat suatu negara, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

Berikut daftar 10 negara paling dermawan Charities Aid Foundation

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara yang paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen. Dari responden survei, sebanyak 72 persen mengaku membantu orang asing, 61 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 42 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

Baca juga:   Cara Nenek 92 Tahun Selamat dari Gempa di Malang Meski Rumahnya Roboh

2. Myanmar

Myanmar adalah negara paling dermawan kedua di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen. Dari responden survei, sebanyak 49 persen mengaku membantu orang asing, 81 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 43 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

3. Selandia Baru

Posisi ketiga negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Selandia Baru, dengan skor keseluruhan sebesar 57 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 65 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 41 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

4. Australia

Australia menempati posisi keempat sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 56 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 68 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 37 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

ilustrasi-sedekah-1
Foto : Ilustrasi bersedekah

Baca juga:   Terungkap! Ternyata Kasus Baru Corona B117 di Kalsel Berasal dari Bandung

5. Irlandia

Irlandia berada di posisi kelima sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 56 persen. Dari responden survei, sebanyak 62 persen mengaku membantu orang asing, 69 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 38 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

6. Kanada

Kanada menempati posisi keenam sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 55 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 63 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 37 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

7. Inggris

Posisi ketujuh negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Inggris, dengan skor keseluruhan sebesar 54 persen. Dari responden survei, sebanyak 60 persen mengaku membantu orang asing, 71 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 30 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

Baca juga:   Info Cuaca Peringatan Dini BMKG : 4 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang Hari ini Kamis, 18 Maret 2021

8. Belanda

Belanda berada di peringkat kedelapan negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 53 persen. Dari responden survei, sebanyak 53 persen mengaku membantu orang asing, 71 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 36 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

9. Sri Lanka

Sri Lanka menempati posisi kesembilan negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 51 persen. Dari responden survei, sebanyak 55 persen mengaku membantu orang asing, 50 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 46 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

10. Indonesia

Indonesia masuk jajaran 10 besar negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 50 persen. Dari responden survei, sebanyak 42 persen mengaku membantu orang asing, 69 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 40 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Membanggakan, Indonesia Masuk Dalam 10 Besar Negara Paling Dermawan di Dunia

https://bangka.tribunnews.com/2021/03/10/membanggakan-indonesia-masuk-dalam-10-besar-negara-paling-dermawan-di-dunia?page=all.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *