Terungkap! Ternyata Kasus Baru Corona B117 di Kalsel Berasal dari Bandung

oleh -170 Dilihat
Ilustrasi corona B117

BANJARMASIN – Varian baru virus corona B117 yang lebih cepat menular dan mematikan, kian meresahkan masyarakat

Pasalnya corona B117 diketahui mulai menular di masyarakat, salah satunya di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel)

Kementerian kesehatan (Kemenkes) pun saat ini telah berhasil mengungkap dari mana asal virus corona B117 yang mulai menular di Kalsel

Dilansir dari Tribunbanjarmasin.com Kadinkes Kalsel HM Muslim saat dihubungi Selasa (9/3) mengatakan virus B117 tersebut memang dari sampel yang dikirim oleh Pemprov Kalsel namun bukan warga Kalsel.

kadis-kesehatan-kalsel-hm-muslimm
Foto : Kadinkes Kalsel HM Muslim (Tribun Banjarmasin)

Ia mengatakan sampel itu merupakan milik perempuan asal Bandung, LM, yang mendatangi suaminya yang tengah bekerja proyek di Tapin Kalimantan Selatan.
Kedatangan LM ke Kalsel terjadi pada September 2020 lalu ke Tapin. Saat tes antigen untuk naik pesawat ke Kalimantan Selatan LM masih berstatus negatif.

 

“Tidak tahu juga tertular dari mana LM, tapi yang bersangkutan dalam kondisi tanpa gejala,” ujar Muslim.

Saat ini ujar Muslim sedang ditelusuri kontak erat LM yang kemungkinan datang dari perjalanan luar negeri. Selain itu kontak erat LM yang sempat beberapa bulan di Kalsel juga terus ditelusuri.

“Tenaga tracing kini sekarang sudah diterjunkan ke Tapin dan Kabupaten Banjar yang sekarang jadi lokasi proyek suami LM,” ujarnya.

Suami LM usai dilakukan swab tes pcr ujar Muslim juha sudah dinyatakan negatif. Suami LM diketahui hanya tinggal di mes perusahaan.

LM sempat dirawat di Kalsel dan menjalani isolasi mandiri di Kalsel. Namun Februari 2021 lalu LM sudah kembali ke Bandung.

Ditanya mungkinkah LM terpapar Corona B117 di Kalsel terang Muslim saat ini masih ditelusuri. Virus B117 menurut para ahli ujarnya lebih cepat penyebarannya dibandingkan Covid 17.

ilustrasi-dari-covid-19
Foto : Ilustrasi Corona B117

Lalu bagiamana dengan vaksinasi yang sudah dilakukan akankah juga diperuntukkan untuk B117 jelas Muslim para ahli yang akan meneliti.

Meski begitu masyarakat ia minta tetap waspada terhadap penyebaran virus baru virus corona B117.

“Tetap jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain Kalimantan Selatan virus dari London Inggris tersebut juga terdapat satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021.

Kemudian satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari dan satu kasus di Medan, Sumatera Utara pada 28 Januari 2021.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Terungkap Kasus Baru Corona B117 di Kalsel dari Perempuan Asal Bandung Datang Temui Suami di Tapin

https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/03/09/terungkap-kasus-virus-corona-b117-di-kalsel-dari-perempuan-asal-bandung-datang-temui-suami-di-tapin?page=all.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.