BKKBN Sulut Siap Tingkatkan Sinergi dengan ODSK Tangani Stunting

oleh -152 Dilihat
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Foto kanan, Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Ir Diano Tino Tandaju MErg.
MANADO-Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw.
Dilantiknya ODSK yang akan melanjutkan kepemimpinan masa jabatan 2021-2024, kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Ir Diano Tino Tandaju MErg, diyakininya akan semakin memaksimalkan pelaksanaan program-program pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana (Bangga Kencana).
Dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, terang Tandaju, pemerintah telah menetapkan target ambisius.
Di mana BKKBN ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi leading sector dalam menurunkan prevalensi stunting sampai angka 14 persen pada akhir tahun 2024.
Hal ini membutuhkan kontribusi dan kerja keras dari semua pihak termasuk melalui pelaksanaan program keluarga berencana dengan segala dimensinya.
“Tentunya dengan pelayanan kontrasepsi sebagai salah satu aspek penting dalam pencegahan stunting dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera,” ujarnya.
Untuk itu telah dilakukan berbagai strategi. Yaitu dengan menurunkan angka kelahiran total (total fertility rate/TFR), kebutuhan KB yang belum terpenuhi (unmetneed), serta angka kelahiran menurut kelompok umur (age specific fertility rate/ASFR) 15-19 tahun.
Di satu sisi, pemerintah melalui BKKBN berupaya meningkatkan modern Contraceptive Prevalence Rate (mCPR), juga persentase peserta KB Aktif MKJP.
Keyakinan Kepala Perwakilan BKKBN Sulut untuk mampu menangani stunting di Bumi Nyiur Melambai, karena diperkuat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 344 Tahun 2020. Tentang peringkat hasil penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penanganan stunting.
Terkandung maksud Pemprov Sulut, bahwa percepatan penurunan stunting di Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu tugas daerah yang sangat penting. Yang dilaksanakan sejalan dengan arahan pemerintah pusat ditengah pandemi global Covid-19 saat ini.
Yaitu dengan memastikan asupan gizi yang cukup pada ibu hamil, memenuhi kebutuhan gizi anak, dan menjaga kebersihan lingkungan.
(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.