Pjs Bupati Clay Dondokambey Resmikan Desa Digital “Terintegrasi” Pertama di Minahasa Utara

oleh -9 views

MINUT – Di hari terakhirnya bertugas sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Minahasa Utara Minut (Minut), Clay JH Dondokambey SSTP MAP meresmikan Desa Digital “Terintegrasi” di kantor Hukum Tua Desa Kauditan Satu, Kecamatan Kauditan, Sabtu (5/12/2020).

Kata “Terintegrasi” yang membedakan Desa Kauditan Satu dengan Desa – Desa Digital yang lain.

Dijelaskan Pjs Bupati Clay, sudah banyak Desa yang menerapkan digitalisasi dalam tata kelola administrasi dan informasi desa. Namun Desa Kauditan Satu tampil berbeda dan lebih inovatif serta kreatif, karena boleh mengintegrasikan banyak akses penting lainnya.

“Terintegrasi di sini karena selain outputnya sebagai sarana informasi dan pelayanan umum administrasi kepada masyarakat di desa yang dilengkapi dengan fiture :

  • Website Desa
  • Sistem Informasi Desa (termasuk mengakses informasi Tata Kelolah Anggaran dan Dana Desa)
  • Pelayanan Administrasi Masyarakat Desa secara Online

Desa Digital Terintegrasi di Kauditan Satu juga dilengkapi dengan :

  • 10 Titik Free Wifi (membantu belajar Daring anak2 sekolah)
  • 8 Titik CCTV Online 24 Jam untuk (untuk kemudahan akses lalu lintas, kamtibmas dan penerapan protokol kesehatan),” beber Pjs Clay.
Baca juga:   Bupati VAP Sambut Kunjungan TP PKK Sulut

Lebih membanggakan lagi, kata dia, karena di inisiasi oleh mahasiswa dan dosen yang berasal dari Desa Tersebut dan sepenuhnya disupport pembiayaannya oleh Pemerintah Desa lewat Dana Desa dan di kelola oleh BumDes.

“Artinya konsep pemberdayaan benar-benar telah diterapkan oleh Pemerintah dan Masyarakat di Desa Kauditan Satu,” jelasnya.

“Ini menjadi semangat tentu pada pemerintah untuk mendorong dan motivasi bagi seluruh Desa di Kabupaten Minut untuk menyusul, bahkan pak Camat sudah berkomitmen tahun 2021 dua belas desa di Kecamatan Kauditan akan merealisasikan desa digital terintegrasi,” lanjutnya.

Sementara itu Camat Kauditan Royke Rampengan SPt MSi mengatakan dengan diresmikan Desa Digital Terintegrasi ini tentu data-data informasi kependudukan, surat menyurat, dan aplikasi yang lain yang sudah ditampilkan sangat menunjang untuk membantu masyarakat.

“Baik akselerasi waktu lebih cepat dalam pengurusan surat menyurat maupun kesejahteraan masyarakat dari segi pendapatan dan ekonomi boleh lebih ditingkatkan dengan adanya jaringan internet yang sudah mencakup satu Desa Kauditan I ini,” imbuhnya.

Baca juga:   Gaji 13 Siap Dibayarkan. Macarau: Tinggal Tunggu Kelengkapan Berkas, Dicairkan Awal Juli

Camat Roy berterima kasih pada Pjs Bupati di hari terakhir bertugas boleh berkenan hadir untuk meresmikan desa digital terintegrasi.

“Kiranya program ini boleh berkelanjutan di tahun 2021 sehingga semua Desa di Kecamatan Kauditan akan dijadikan desa digital terintegrasi. Dalam konteks itu kami sangat membutuhkan dukungan Dinas instansi terkait di Kabupaten, Dinas Provinsi dan kalau bisa sampai Pemerintah Pusat untuk dapat menunjang bahkan membantu kami dalam keberlanjutan desa digital terintegrasi ini,” harapnya.

Turut hadir dalam launching ini Koordinator Provinsi P3MD Sulut Murphy Kuhu, Kapolsek Kauditan Poltje Moningkey, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Teknis Informasi Unsrat Manado Ir Youli Rindengan ST MT MM, Hukum Tua Desa Kauditan Satu Nancy H Worung BSc, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik serta Persandian (Diskotikdansa) Kabupaten Minut Theodore Vanny Lumingkewas.

(Budi/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.