Walau Tingkat Kesulitan Tinggi, RSUP Kandou Berhasil Operasi Balloon Atrial Septostomy pada Anak

oleh
MANADO-RSUP Prof Kandou terus berinovasi dengan SDM handal menghadirkan tindakan-tindakan operatif walau tingkat kesulitan tinggi.
Pada Selasa (17/11/2020), tindakan intervensi Balloon Atrial Septostomy (BAS) untuk menyelamatkan seorang pasien anak dengan diagnosa Transposition of The Great Arteries (TGA), berhasil dilakukan.
Tindakan operatif yang pertama kalinya dilaksanakan di RSUP Prof Kandou tersebut, dipimpin Dr dr David Kaunang SpA(K) sebagai Ketua Tim Dokter.
Anggota tim terdiri dari dr David Waworuntu SpA(K), dr Monic Rotty SpJP, dr Hendrik Abram SpAn, serta perawat Bagian Jantung dan Bagian Anak.
Menurut dokter David Kaunang yang adalah dokter konsultan spesialis anak, tindakan operatif ini memungkinkan organ jantung pasien dapat memompa dengan lebih efektif. Akibat adanya kelainan jantung bawaan tipe sianotik atau kebiruan.
Dokter David Kaunang yang juga Ketua Komite Medik RSUP Prof Kandou, atas nama tim menyampaikan terima kasih kepada dewan direksi yang terus memberi dukungan demi peningkatan pelayanan medis.
“Kesuksesan tindakan operatif kali ini, tentu menghadirkan optimisme bagi RSUP Prof Kandou jika mendapati kasus-kasus terkait kegawatdaruratan jantung pada anak. Jadi pasien tidak harus lagi dirujuk ke luar daerah untuk tindakan operatif tersebut,” tutur Dokter David Kaunang.
(vhp)
Baca juga:   Dirut Panelewen Pantau Vaksinasi Covid-19 Massal di Kota Manado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *