Aplikasi PET Perkuat Pengelolaan Anggaran RSUP Kandou dari Hulu ke Hilir

oleh -152 Dilihat
MANADO-Perencanaan Elektronik Terintegrasi atau disingkat PET resmi di-launching Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, Selasa (3/11/2020).
Dirut Panelewen selaku mentor proyek perubahan ini memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Direktur Perencanaan, Keuangan dan BMN Dewi Anggraini SE MM selaku pemilik Proper tersebut.
Dirut Panelewen pun meyakini aplikasi PET ini dapat memberikan kontribusi serta memperkuat sistem terhadap seluruh pengelolaan keuangan di RSUP Prof Kandou.
Diharapkannya, semua bisa terlaksana secara maksimal. Supaya pengelolaan keuangan mulai dari hulu sampai ke hilir akan terjaga dengan baik. Sesuai tagline yang diusung yaitu ‘Transparan, Efisien, dan Akuntabel’.
“Pada akhirnya kita akan memetik hasil yang namanya efisiensi dari segala proses tersebut sebagaimana tujuan dari Rencana Strategi Rumah Sakit Umum Pusat Prof Kandou,” tutur Dirut Panelewen.
Telah dilaksanakannya upaya-upaya itu akan lebih paripurna atau utuh sejak di-launchingnya aplikasi PET ini. Maka dari perencanaan sampai pengawasan akan terlihat secara jelas.
Selanjutnya akan memberikan kemudahan terhadap para customer RSUP Prof Kandou. Baik itu internal maupun eksternal, sehingga boleh menjadi contoh bagi rumah sakit lain.
IMG_20201104_094718
Sementara itu, dijelaskan Direktur Perencanaan, Keuangan dan BMN RSUP Prof Kandou, PET merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu dalam perencanaan dan pemanfaatan anggaran tepat guna, tepat sasaran dan akuntabel.
Bertujuan agar terwujud perencanaan dan pelaksanaan anggaran dengan tata kelola yang baik, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan data rekam sejak awal sampai pada tahap akhir.
Penginputan usulan kebutuhan dimulai dari unit (user). Kemudian secara berjenjang ditelaah dan diverifikasi oleh Kepala Bagian dan berikutnya ke Direktur terkait.
Sehingga kebutuhan dari masing-masing direktorat menjadi bahan yang valid untuk penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL).
Selain itu, perubahan kebutuhan juga terekam dalam aplikasi ini. “Supaya nantinya menjadi dasar revisi RKAKL jika diperlukan. Dan semua otorisasi terekam dalam aplikasi ini,” imbuhnya.
Acara launching yang digelar secara webinar meeting dan live streaming tersebut, mendapat penguatan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Prof Dr H Abdul Kadir PhD SpTHT-KL MARS, Sesditjen Yankes Kemenkes dr Ashar Jaya SKM MARS, Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemenkes Edward Harefa SE MM CFRA QIA QCRO.
Kemudian Ketua Dewan Pengawas RSUP Kandou dr Hendrik Daniel Manueke MKes, Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar Laode Musafin SKM MKes, Dewan Direksi dan Ketua SPI, serta para Ketua Komite RSUP Prof Kandou Manado. Acara ini juga dikuti oleh para Pejabat Struktural, Kepala Instalasi, dan staf RSUP Prof Kandou.
(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.