7 Ruangan Isolasi Tekanan Negatif Disiapkan RSUD Liung Kendage Tahuna Pasandaran: Khusus Pasien Konfirmasi Covid 19

oleh
Dirut RSUD Liung Kendage Tahuna dr Handry Pasandaran

TAHUNA– Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liung Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe akhirnya menyiapkan dan membuka ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dilengkapi dengan ruang isolasi tekanan negatif.

Dimana menurut Dirut RSUD Liung Kendage Tahuna dr Handry Pasandaran ME sedikitjya terdapat 7 ruangan dengan 9 tempat tidur yang telah berfungsi dan digunakan bagi pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Ia menjelaskan, tekanan udara negatif pada ruang isolasi pasien Covid 19 dapat membantu mencegah terjadinya penyebaran virus maupun bakteri keluar dari ruang isolasi. Tekanan udara negatif (negative pressure) pada suatu ruangan dapat diartikan bahwa tekanan udara yang ada dalam ruangan tersebut lebih rendah dibandingkan tekanan udara di luar ruangan.

Adapun, ruang isolasi pada dasarnya merupakan ruangan yang didesain
khusus dan diperuntukan menangani pasien yang terjangkit penyakit infeksi. Pasien dengan penyakit infeksi diharuskan menjalani perawatan dan pengobatannya secara terpisah dengan pasien lain, dipisahkan pada ruangan tersendiri agar pasien tersebut tidak membahayakan pasien lain, ruangan itulah yang disebut dengan ruang isolasi.

Baca juga:   Batik OD-SK, Kian Miskinkan Siswa Tak Mampu

“Jadi saat ini sudah ada 7 ruangan isolasi tekanan negative yang diperuntukan bagi pelayanan pasien COVID-19 dan telah berfungsi serta telah digunakan untuk perawatan pasien konfirmasi COVID-19,” ujar Pasandaran.

Disentil soal anggaran pembangunan ruangan teraebut, Pasandara menyatakan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja
Daerah (APBD) 2020 khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK) kesehatan.

“Benar ini bersumber dari dana APBD dengan sumber dana Dana Alokasi
Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan tahun anggaran 2020,” imbuh Pasandaran sambil menambahkan dari tujuh ruangan yang dibangun masing-masing 2 ruangan
dua tempat tidur dan 5 ruangan masing- masing 1 tempat tidur.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *