Family Cell Group Community, Strategi Baru BKKBN Sulut Siapkan Generasi Unggul

oleh
MANADO-Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara Ir Diano Tino Tandaju MErg menciptakan pola Family Cell Group Community (FCGC) sebagai strategi baru penyiapan generasi unggul yang berdaya saing global.
Menurutnya, pola FCGC akan dilakukan di setiap tingkatan daerah dengan antar instansi di Provinsi Sulut. “Walau sederhana tapi FCGC ini sangat menyentuh karena langsung berhadapan ke keluarga-keluarga,” kata Tandaju, seraya menekankan bahwa proyek perubahan sebagai bagian dari Diklat Kependudukan Tingkat II ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.
IMG_20201011_132327-1024x768
Di masa pandemi, lanjut Tandaju, banyak anak-anak tidak bisa ke sekolah. Begitu juga banyak kegiatan yang melibatkan keluarga belum bisa dilaksanakan secara maksimal. “Jalan satu-satunya, BKKBN Sulut membuat terobosan baru yang langsung ke keluarga-keluarga di Sulawesi Utara,” ujarnya, usai mendampingi para konselor ketika bertatap muka dengan beberapa keluarga di sejumlah kelurahan di Kota Manado, Jumat (9/10/2020).
Diterangkan Tandaju, substansi dari FCGC ini yaitu 8 Fungsi Keluarga. Terdiri dari Fungsi Agama, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi Pendidikan, Ekonomi, dan Lingkungan.
IMG_20201011_132205-975x593
Harapannya, dari keluarga-keluarga yang menerapkan 8 Fungsi Keluarga tersebut, ke depan akan menghasilkan sumber daya manusia yang sanggup bersaing secara global.
“Ini sebuah pemikiran jangka panjang. BKKBN Provinsi Sulut memulainya dari sebuah keluarga, sebab pada 20 tahun ke depan anak-anak inilah yang bakal menjadi tiang bangsa,” imbuh Tandaju.
Kaper BKKBN Sulut mengakui, program inovasi ini walau terbilang baru ternyata mendapat respon baik oleh seluruh Widyaiswara di Lembaga Besar Kesehatan Nasional, maupun stakeholder di Provinsi Sulut.

 

Baca juga:   Lagi Gesek Kayu Di Hutan, Warga Ini Diterkam Harimau
(vhp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *