Silahturahmi ke Klenteng Ban Hin Kiong dan Kwan Kong, JPAR Cari Tahu Sejarah Perayaan Festival Mooncake

oleh
JPAR saat bersilaturahmi dengan rohaniwan Tri Dharma Manado.

MANADO – Calon Walikota Manado Prof DR Julyeta Paulina Amelia Runtuwene MS, mengunjungi dua Klenteng besar di Kota Manado dalam rangka silaturahmi serta Perayaan Festival Kue Bulan (Mooncake Festival), Kamis (1/10/2020).

Acara tahunan umat Budha Mooncake Festival selalu dimeriahkan dengan Bazar Kuliner dan aneka Lomba budaya.

JPAR dalam kesempatan berkunjung ke 2 klenteng tersebut ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang sejarah perayaan tahunan yang diperingati setiap tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek 2570 ini.

“Selain Silahturami dalam rangka festival mooncake, saya datangi Klenteng kwan kong dan klenteng ban hing kiong mencari tahu sejarahnya,” ungkap JPAR.

Interaksi pun dilakukan JPAR dengan para pengurus klenteng untuk mengetahui tentang sejarah dan perayaan moon cake festival.

“Festival Mooncake berlangsunh selama 3 hari. Dimulai di hari pertama, umat melaksanakan ibadah dan pergantian petugas sembahyang di klenteng. Lalu dilanjutkan merayakan kelahiran Nabi Hok Tek Ceng Sin dan kesempurnaan Dewi Bulan. Saat belum pandemi Covid-19, kegiatan atraksi budaya berlangsung selama tiga hari,” jelas Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma Klenteng Ban Hin Kiong Manado, Jimmy Budihaya Binsar menjelaskan makna perayaan Mooncake Festival ini.

Baca juga:   Meikel Maringka Bulatkan Tekad Jadi Advokat

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *