Pertarungan Politik Ara Jabes Vs Embo Helmud Dimulai, Akang Michael Membayangi

oleh

Catatan Kecil Pilkada Serentak Dari Perbatasan NKRI Utara Indonesia

By : Sam Daleda

PASCA dipastikannya 3 pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada serentak tahun 2020 khususnya di Sulut sesuai dengan formulir B1-KWK Partai Politik, riak-riak politik mulai memercik ke permukaan. Menarik di Kabupaten Sangihe, perhelatan pesta demokrasi serentak di penghujung tahum 2020 nanti menjadi awal pertaruangan politik antara Bupati Jabes E Gaghana SE ME (Ara Jabes) Vs Wakil Bupati Helmud Hontong SE (Embo Helmud) dan dibayangi oleh Wakil Ketua DPRD Sangihe Michael Thungari SE MM (Akang Michael).

Keberadaan duet pasangan Jabes E Gaghana SE ME dan Helmud Hontong SE dalam Pilkada lalu yang diusung Partai Golkar memimpin Sangihe periode 2017-2022, belakangan retak atau picah kongsi.
Pertarungan politik antara Ara Jabes dan Embo Helmud pun dimulai dari ajang Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Baca juga:   Sosialisasi Kerja Migran di Jepang, Gaghana: Solusi Bersama Akomodir Naker

Dipercayakan sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD I Golkar Sulut menjadi harga diri bagi Gaghana untuk memenangkam pasangan CEP-SSL di Sulut terlebih di Sangihe. Embo Helmud sendiri meski saat ini dalan struktur DPD II PG Sangihe sebagai Sekretaris partai, namun Hontong memilih menyeberang ke PDI Perjuangan dan masuk struktur dalam tim pemenangan pasangan OD-SK sebagai salah satu pengarah, berkomitmen memenangkan pasangan OD-SK.

Alhasil untuk Sangihe sendiri suara golkar pecah antara dua dukungan CEP-SSL dan OD-SK.

Berhitung suara lewat kursi DPRD Sangihe, saat ini Golkar mendapatkan 5 kursi dan Gerindra 2 kursi dalam wadah Fraksi Golkar. Namun dalam Pilkada Serentak khususnya Sulut Gerindra justru masuk dalam koalisi PDI Perjuangan untuk memenangkan OD-SK. PDI Perjuangan juga memiliki 5 kursi di DPRD Sangihe dan solid untuk memenangkan jagoan mereka.
Yang menarik dalam pertarungan Ara Jabes Vs Embo Helmud disini justru ada Akang Michael yang merupakan kader milenial Partai Nasional Demokrat (Nasdem) membayangi pertarungan kedua pimpinan daerah ini. Dimana kursi Nasdem di DPRD berjumlah 4 kursi ditambah dengan koalisi Perindo 2 kursi yang menyatu dalam Fraksi Nasdem, komit berjuang memenangkan pasangan VAP-HR.

Baca juga:   Loby Investor Sektor Perikanan, Gaghana Sambangi KemenPolhukam

Diatas kertas, kekuatan OD-SK dan CEP-SSL di Sangihe masih bisa dikatakan imbang. Namun kemenangan akan membuktikan harga diri bagi Ara Jabes dan Embo Helmud. Maka dipastikan kedua kader Golkar ini akan all out untuk membuktikan siapa yang paling terbaik diantara yang baik dalam memenangkan usungan mereka masing-masing. Tetapi kesalahan fatal antara perang program dan isu justru akan menguntungkan Akang Michael. Tentunya ketiga publik figur ini baik itu Ara Jabes, Embo Helmud maupun Akang Michael akan membuktikannya, sebab pertarungan Pilkada serentak tahun 2020 akan memberi dampak besar dalam hajatan pesta demokrasi mendatang di Pilkada Sangihe. Ara Jabes, Embo Helmud atau Akang Michael yang akan tampil terbaik semuanya dikembalikan ke masyarakat Sangihe dengan pembuktian votyng day Pilkada Serentak di Rabu 9 Desember 2020 nanti.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *