Kemenparekraf Dukung Pelaksanaan Manado Fiesta Secara Virtual

oleh

MANADO– Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, mendukung pelaksanaan acara bertaraf internasional Manado Fiesta 2020 yang akan digelar secara virtual.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut, mengatakan, dukungan tersebut telah disampaikan  Kemenpar karena kondisi negara ini bahkan Kota Manado masih dalam pandemi COVID-19 sehingga tidak memungkinkan untuk orang berkumpul.

“Pemkot Manado, memilih menggelar acara tahunan internasional, Manado Fiesta tahun secara virtual, sebab masih berada dalam situasi pandemo COVID-19,” katanya.

Acara tersebut katanya dilaksanakan secara virtual, untuk mengenalkan destiniasi wisata, juga terutama  sebagai ruang ekspresi kreatif.

Dia mengatakan, iven yang dilaksanakan sejak 2017 itu, sudah masuk dalam 100 Calender Of Wonderful Indonesia Event 2020 yang diresmikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu.

Karena itu, menurutnya saat Pemkot menggelar pertemuan dengan ketua panitia, Coreta Kapojos, yang dipimpinnya melalui zoom meeting, ada sejumlah hal yang dibahas.

Baca juga:   Safari Natal Pemkot Manado di Kecamatan Mapanget

Menurutnya,  dimasa pandemi seperti saat ini, Manado Fiesta diselenggarakan dalam format virtual dengan tidak mengurangi esensi utama kegiatan yang memberikan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat dan menjadi ajang kreativitas para pelaku kreatif di Bumi Nyiur Melambai ini.

“Manado Fiesta 2020 nantinya akan menjadi festival virtual pertama dan diharapkan dapat menjadi pemantik dalam upaya mensosialisasikan protokol pariwisata COVID-19 yang diterapkan guna kepentingan industri pariwisata juga merupakan langkah persiapan menuju era normal baru di dunia pariwisata Indonesia seperti harapan Presiden RI Joko Widodo,” Kata Wali Kota Lumentut.

Sehingga dalam pertemuan tersebut, wali kota mengarahkan agar persiapan Manado Fiesta Virtual tersebut, agar dikonsepkan dengan baik dan matang segala persiapannya termasuk menyurati Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan mengundang Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna melaunching Manado Fiesta Virtual 2020.

“Ini perlu mendapat dukungan kita semua, karena Manado Fiesta Virtual 2020 ini, menjadi kalender pariwisata virtual pertama di Indonesia,” katanya.

Baca juga:   Semarak GMB di Kecamatan Wenang, Wisatawan Perancis Ikut Bergoyang

Yang membanggakan lagi, katanya, adalah Manado mendapat respon dan dukungan positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif termasuk Webinar Pariwisata kota Manado mendapat perhatian peserta, bukan hanya dari dalam negeri namun juga dari beberapa negara diantaranya Amerika dan Cina.

Sementara itu, Ketua Panitia Manado Fiesta Virtual 2020, menyampaikan sesuai dengan jadwal event tersebut, Manado Fiesta Virtual sesi pertama akan diselenggarakan pada 18 Mei – 30 Juli 2020, dan dapat diakses secara digital melalui : www.manado-fiesta.com ; akun FB, IG, YouTube dengan alamat : @manadofiestaofficial dan Spotify : @manadofiestapodcast.

“Selain mengedukasi masyarakat lewat Manado Fiesta Peduli covid-19, event ini juga tetap kita membranding Manado Fiesta sebagai upaya kita terus mempromosikan pariwisata,” ujarnya.

Hadir mengikuti zoom meeting tersebut, Kadis Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu, Kadis Kominfo Kota Manado, Erwin Kontu, Kabag Pem-Humas Kota Manado, Sonny M.Takumansang serta jajaran pejabat Eselon III di Dinas Pariwisata Kota Manado.

Baca juga:   Ikuti Rakornis Hubda, Kadishub Manado Bawa Permasalahan Terbayang

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *