Aplikasi E-Cident, Form Pelaporan Modern Keperawatan Cathlab CVBC di RSUP Prof Kandou Manado

oleh
Oleh: Ns Feiby Frenly Muntu untu SKep
Mahasiswa Program Pasca Sarjana Jurusan Magister Keperawatan 2019 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
MANADO-Menjamin keselamatan pasien maka dibutuhkan sistem pelayanan kesehatan cepat, mudah, dan berstandar nasional bahkan internasional. Penulis pun membuat inovasi dengan re-design form laporan insiden internal. Disajikan dalam bentuk elektronik form berbasis android yang dapat diakses lewat telepon genggam yang diproteksi sandi, sehingga menjaga kerahasiaan laporan keperawatan.
Oleh penulis, aplikasi tersebut diberi nama E-Cident. ‘E’ diartikan elektronik dan ‘Cident’ diambil dari kata incident (insiden). E-Cident adalah aplikasi Android Berbasis Website dan dikombinasikan dengan Aplikasi Website yang bisa diakses Lewat Desktop Personal Computer (PC) ataupun Laptop.
Aplikasi ini hanya bisa dipasang pada perangkat OS Android Versi 7.0 Nougat dan seterusnya. Untuk versi Window Desktop bisa dipasang pada versi Viesta dan Win 10. Aplikasi ini dapat diakses secara up to date oleh Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit Kandou Manado atau dikenal KKPRS.
Penulis membatasi pembuatan e-form insiden internal ini pada pelayanan Perawatan Invasive Kateterisasi Jantung, Kamar Operasi Jantung, dan UGD. Karena merupakan pelayanan keperawatan yang rawan terhadap insiden keselamatan pasien, di mana tekanan yang berat dan faktor stres kerja perawat.
Di satu sisi, penggunaan teknologi yang tinggi dalam pelayanan perawatan dapat menyebabkan terjadinya human error, device error, atau equipment error yang dapat mengancam keselamatan pasien. Sebab itu, bentuk aplikasi e-form yang akan digunakan dinamakan E-CIDENT (elektronik insiden form), cara penggunaannya sangat sederhana dimana aplikasi ini terlebih dahulu di download dalam handphone pengguna berbasis android.
Kemudian didaftarkan password penguna ke server KKPRS agar terjamin identitas dan kerahasiaan pengguna. Aplikasi ini juga menjamin validitas data yang dikirimkan, serta bisa dilakukan umpan balik oleh KKPRS jika ada kasus yang dilaporkan. Untuk penjelasannya sebagai berikut.
Berdasarkan data KKPRS, jumlah laporan yang masuk di Sekretariat berjumlah 3-4 laporan pada periode Januari sampai Maret 2020. Data sesuai hasil wawancara dan analisa oleh Tim KKPRS Kandou Manado dengan perawat dan perawat manajer ruangan.
KKPRS menemukan bahwa kurangnya laporan insiden disebabkan berbagai hal. Seperti tidak tersedianya form laporan insiden di ruangan, jadwal pelayanan yang padat sehingga tidak punya waktu dalam membuat laporan, ketakutan akan mendapat hukuman (bleeming), serta kerahasiaan belum memberikan jaminan yang pasti bagi perawat dan perawat manager ruangan.
Berdasarkan masalah yang dihadapi perawat dan manager ruangan perawatan maka penulis menghadirkan E-CIDENT. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan.
Di antaranya,
1. Aplikasi ini merupakan software atau perangkat lunak yang menggunakan bahasa pemrograman seperti html dan bahasa pemrograman lainnya.
2. Menggunakan kata sandi pada akses verifikator.
3. Ringan serta dapat diakses dengan cepat.
4. Lebih cepat update. Semua perbaikan dapat berjalan dengan lebih cepat.
5. Instalasi Mudah.
6. Fleksibilitas sistem operasi. Pengembangan aplikasi desktop ataupun mobile harus disesuaikan dengan platform dan sistem operasi yang akan digunakan. Sehingga aplikasi harus terus diperbarui sesuai pembaruan software yang digunakan pada platform. Ada beberapa kasus ketika aplikasi sudah tidak dapat digunakan karena software pada gadget pengguna sudah sudah mencapai titik update maksimal. Pengguna tentu saja harus mengganti gadget untuk bisa menikmati fitur-fitur terbaru dalam aplikasi.
7. Multiplatform. Keuntungan lain menggunakan aplikasi ini adalah bersifat multiplatform atau dapat digunakan dari semua android versi 7.0 Nougat ke atas, PC hingga tablet. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna memiliki akses yang fleksibel sehingga produktivitas pekerjaan tidak terganggu. Anda juga dapat mengakses aplikasi dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu khawatir karena data yang anda input juga tersimpan secara otomatis di sistem cloud E-CIDENT
8. Data terisi otomatis. Dengan menggunakan dukungan Spreadsheet milik Google, data otomatis masuk pada tabel dan dimodifikasi menggunakan pengaturan Conditional Formatting. Data yang di-entry akan terhubung dan masuk dalam hitungan detik.
9. Pelaporan tepat waktu. Aplikasi ini membantu mengelola insiden secara lebih mudah. Anda bisa melaporkan insiden pada saat itu juga serta verifikator bisa mengakses laporan dimana saja dan kapan saja.
10. Pembaruan sistem lebih mudah.
11. Tampilan sederhana tanpa iklan.
12. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Setelah kita memasang aplikasi pada android dan windows, kita bisa melakukan akses.
Yang diperlukan untuk operasional aplikasi ini hanya menekan tombol dan mengisi data pada formulir. Aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu faktor yang akan meningkatkan pengawasan keselamatan pasien di rumah sakit.
Juga akan meningkatkan kualitas pelayanan serta kepuasan pasien sesuai dengan visi rumah sakit, khususnya di ruangan intervensi kateterisasi jantung CVBC (Cardio Vascular and Brain Center) RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado yang merupakan rumah sakit Rujukan Nasional satu-satunya di Sulawesi Utara.
(vhp)
Baca juga:   Wagub Sulut Ingatkan Nakes Beri Pelayanan Setulus Hati, Apresiasi Peraih Predikat Teladan dan Berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.