Siapkan Perencanaan Pembangunan Perbatasan, Sekretaris BNPP RI Sambangi Sangihe

oleh -121 Dilihat
Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) Suhajar Diantoro

TAHUNA -Perhatian Presiden RI Joko Widodo terhadap Kabupaten Sangihe terus diberikan. Hal ini dengan sendirinya mematahkan keraguan sejumlah pihak terhadap upaya Pemkab Sangihe dalam memajukan daerah ini.

Buktinya, Kamis (30/01/2020), Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) Suhajar Diantoro mengunjungi Sangihe, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Identifikasi Usulan Program Kegiatan Berbasis LOPKRI.

Diantoro disela-sela agenda ini mengatakan, tugasnya adalah membantu Kepala Badan Nasional Penanggulangan Perbatasan yang dirangkap oleh Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian, maka tugas BNPP itu adalah menetapkan perencanaan pembangunan diseluruh wilayah perbatasan Republik Indonesia termasuk Kabupaten Sangihe ini.

“Tujuannya perintah presiden membangun dari pinggiran. Agar diperbatasan negara Kabupaten Sangihe harus dijadikan beranda terdepan NKRI, jangan dijadikan terkebelakang. Perbatasan antar negara adalah beranda terdepan NKRI yang wajib bagi negara untuk memolesnya”, ungkap Diantoro.

Olehnya lanjut Diantoro, tugas-tugas Bupati akan dibantu di perbatasan. Seperti di Kabupaten Kepulauan Sangihe ini ada 15 Kecamatan, ada kecamatan yang berbatasan dengan Negara tetangga.

“Maka pembangunan di Kecamatan yang berbatasan dengan negara tetangga. Selain dibangun oleh Bupati dibantu juga oleh Pak Presiden, agar kemajuan lebih dipercepat,” jelasnya.

Karena itu tugas dirinya selaku Sekretaris BNPP mendukung penuh tugas Mendagri yang harus mengkoordinir 20 lembaga Kementerian dan non Kementerian.

“Saya turun ke lapangan untuk berdikusi dan mengecek Kecamatan perbatasan di Sangihe dan beberapa Kecamatan perbatasn di Talaud dan Sitaro. Mana kegiatan-kegiatan yang dibangun Bupati dengan APBD tingkat II, silahkan dijalankan terus dan mana yang akan diusulkan ke Gunernur sesuai dengan kewenangan Gubernur. Pemilahan tugas dan kewenangan ini sendiri akan mempercepat proses pembangunan di wilayah Sangihe sebagai salah satu beranda terdepan paling Utara NKRI. Yang pasti, hasil survey lapangan sekaligus berbagai usulan Pemkab Sangihe terkait percepatan pembangunan selaku beranda NKRI akan segera diintefikasi dan selanjutnya ditindaklanjuti”, imbuh Diantoro.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.