Kadis Kesehatan Sitaro Merasa Beruntung Tercover JKN-KIS

oleh -91 Dilihat
Kadis Kesehatan Sitaro dr Ria Papalapu.
SITARO-Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi sebuah kisah yang tak akan terlupakan.
Itu diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dr Ria Papalapu.
Dia tahu betul bagaimana manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.
Sosok perempuan yang mempunyai riwayat penyakit jantung ini pun merasa sangat tertolong.
Saat ditemui di ruang kerjanya, dr Ria menceritakan pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS.
Awalnya dia tidak menyangka sakit belakang yang dialami di bulan Oktober 2018 lalu menjadi ihwal dirinya harus pasang ring di jantungnya.
“Sempat kaget, pemeriksaan dokter saat itu ternyata ada sedikit gangguan di jantung saya, hingga saya pun harus dirujuk ke Rumah Sakit Prof Kandou yang berlokasi di Kota Manado,” jelasnya.
Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan oleh dokter, kata dr Ria, akhirnya terdiagnosa gangguan pada jantung karena adanya penyumbatan, sehingga dokter menyimpulkan harus segera pasang ring.
Dokter yang sudah 28 tahun menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) ini merasa beruntung karena telah tercover JKN-KIS.
Sehingga seluruh biaya pengobatan dan pemasangan ring jantung tidak mengeluarkan uang sedikit pun.
“Puji Tuhan manfaat besar yang saya rasakan dengan menjadi peserta JKN-KIS. Saya tidak bisa bayangkan kalau tidak ikut program ini, pasti sudah mengeluarkan dana sangat banyak dan bahkan tidak mampu membayar sekaligus biaya pengobatan,” sebutnya.
Diakuinya, setiap bulan harus rutin konsumsi obat jantung. Nah semua itu kalau diakumulasi dengan uang yang harus dikeluarkan saat pengobatan, tentu tidak sebanding dengan yang dibayarkan setiap bulan dari awal dia bekerja sampai dengan saat ini.
“Mari jo torang sama-sama mendukung Program JKN-KIS, dengan rutin membayar iuran dan pastikan bahwa tidak ada tunggakan,” ajak dr Ria.
Dia menambahkan, hari ini mungkin sebagian orang menganggap sepele akan manfaat yang diberikan oleh JKN-KIS.
“Padahal manfaatnya sangat besar. Jika semangat Gotong Royong Semua Tertolong terpatri dalam cara pandang kita, kita menjadi warga Negara Indonesia yang ber-Pancasila,” tutupnya.
(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.