Gaghana Tampil Dalam Diskusi Panel, Sangihe Masuk Kabupaten Terbaik Pengelolaan APBD 2019

oleh -122 Dilihat

TAHUNA— Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME tampil menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel yang digelar oleh Lembaga Independent Kata Data Insight Center.

Kesempatan ini sendiri terkait dengan masuknya Kabupaten Sangihe sebagai salah satu Kabupaten terbaik se-Indonesia dalam efektifitas pengelolaan APBD Tahun Anggaran 2019 bersama 5 Kabupaten/Kota lainnya.

Capaian ini dinilai langsung oleh Lembaga Independent Kata Data Insight Center yang di dalamya adalah Tim Pakar Dosen Guru Besar Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gaghana menyatakan Kabupaten kota terbaik se-Indonesia, tiga Bupati yang diundang menjadi narasumber dalam diskusi panel, diantaranya Bupati Sangihe, Bupati Tegal, Bupati Pekalongan dan yang menjadi keynote speaker adalah Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Ph.D. dan Wakil Menteri Keuangan RI, Suahasil Nazara.

Pada presentasi tersebut ungkap Gaghana, dirinya memaparkan progam Pemda Sangihe adalah Medaseng yang menjadi bagian koordinasi, pelayanan publik langsung ke masyarakat sebulan sekali selama dua hari di tiap kecamatan, Program Kepala Sekolah mengatar muridnya ke jenjang lebih tinggi ketika lulus, Program Dua hari tanpa makan nasi, dan Program Stop BABS.

“Tentunya, kita sangat bersyukur karena melalui program-program tersebut, Pemda Sangihe dapat meningkatkan Mutu Pendidikan dengan tingkat kesulitan, dan mereka juga memahami bahwa daerah kepulauan khususnya Sangihe, terhadap pengelolaan APBD yang terbilang cukup minim dengan tingkat kesulitannya sangat luar biasa,” jelasnya.

Gaghana juga mengungkapkan ternyata para tim pakar Lembaga Independent, sebelumnya sudah melakukan penilaian terhadap pengelolaan APBD di semua Kabupaten Kota di Indonesia.

“Kita tidak tahu mereka sebelumnya, nanti tahu pada saat terundang dalam penilaian puncak  yang diselenggarakan pada beberapa waktu lalu di Jakarta,” jelas  Gaghana.

Lanjut Gaghana, jadi teryata latar belakang mereka selama ini sudah lama mempelajari pengelolaan APBD di semua Kabupaten kota se-Indonesia yang mempunyai capaian kinerja menurut mereka.

Gaghana menuturkan, sempat  kaget karena Kabupaten Sangihe terundang dalam enam Kabupaten Kota untuk capaian kinerja terbaik.

“Ketika terundang dalam penilaian mereka, kita diminta untuk presentasi program apa saja yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Sangihe, sehingga menurut statistik penilaian Kata Data Insight Center, bahwa Indeks Pembanguna Manusia (IPM) Sangihe di atas rata-rata,” imbuh Gaghana sambil berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab Sangihe untuk terus meningkatkan prestasi kerja.

(sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.