Langgar Aturan Lalin Sidang Ditempat

oleh -226 Dilihat
Kasat Lantas Renthauli Pardede saat memantau langsung jalannya tilang serta sidang di tempat bagi pelanggar lalin, Rabu (23/10) kemarin.

MINUT–Mengawali Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Samrat 2019, Polres Minahasa Utara (Minut) lewat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) menggelar operasi tilang ditempat bagi pelanggar lalin.

Bertempat di Taman SBY, Satlantas Polres Minut menurukan 30 personel, dibantu dari TNI (PM), Dinas Perhubungan Minut, UPT Samsat, Pengadilan Negeri (PN), dan BRI.

Kasat Lantas Polres Minut AKP Renthauli Novita Pardede SIK mengatakan, hari ini (kemarin, red) adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2019, yang dilakukan bersama instansi terkait.

“Saat ini kami langsung menghadirkan Hakim dari PN Minut. Jadi bagi pelanggar lalin, tidak hanya ditilang, tetapi langsung disidang. Setelah disidang, harus mengikuti apa yang menjadi keputusan sidang,” ujarnya.

Sedangkan untuk kehadiran Samsat, bagi pemilik kendaraan yang belum membayar pajak, wajib membayar saat itu juga.
Saat ditanya pelanggar lalin paling banyak, Pardede mengungkapkan, pengendara roda dua dan empat hampir sama.

“Paling banyak, masalah STNK yang lewat serta pelanggaran kasat mata seperti tidak memiliki kaca spion, knalpolt racing, tanpa helm, tidak menggunakan sabuk,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Minut AKBP Jefri RP Siagian SIK menghimbau kepada seluruh warga untuk melengkapi semua surat-surat kendaraan serta mengikuti peraturan lalu lintas saat berkendara.

“Pengendara wajib mengikuti peraturan lalu lintas dan membawa surat kendaraan, agar saat ada pemerikaan tidak akan di tilang. Dan yang paling penting menaati rambu lalu lintas dan sesuai aturan berkendara, karena keselamatan diri Anda itu yang utama,” ujar Siagian.

Sementara itu, sejumlah pengendara mengaku proses sidang di tempat membantu mereka.

“Karena ada sidang di tempat, kita langsung membayar denda sesuai putusan sidang. Waktu dipersingkat, dan tidak lagi bolak-balik pergi ke pengadilan,” tutupnya.

(Ranny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.