Lewat Program PTSL, Warga Matungkas Terima Sertifikat Tanah

oleh -1 views
Penjabat Hukum Tua Desa Matungkas Hanny Dirk

MINUT– Melalui program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL), Warga Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara Minut telah menerima sertifikat kepemilikan tanah.

Hal ini disampaikan Penjabat Hukum Tua Desa Matungkas Hanny Dirk saat ditemui media ini Kamis (17/10/2019) di kantor Bupati.

“Penyerahan sertifikat ini telah dilaksanakan, Selasa (15/10/2019) di kantor desa. Ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Desa Matungkas dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) Minut. Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala BPN Minut, Sammy Dondokambey,” jelas Dirk.

Lebih jauh dikatakan Dirk, program pemberian sertifikat tanah ini dimaksudkan agar warga memperoleh kepastian hukum atas hak kepemilikan bidang tanah yang mereka miliki. Karena dengan belum adanya kepastian hukum atas kepemilikan tanah, serngkali memicu terjadinya sengketa atas lahan yang sedang dimiliki warga.

“Kali ini sertifikat bukan lagi prona, melainkan melalui program baru dari BPN yakni PTSL. Sertifikat yang diserahkan di balai desa Matungkas ini berjumlah 218 sertifikat bidang tanah,” ungkap Dirk.

Baca juga:   Pnt Lengkong Temu Teknis Dengan Jemaat Likupang I di Perayaan HUT ke 55 P/KB

Lambannya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi perhatian serius pemerintah. Untuk itu Program PTSL ini sengaja diluncurkan Kementerian ATR/BPN yang dituangkan dalam Permen nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL.

Jika menggunakan metode pendaftaran sporadic, maksimum pencapaian pembuatan sertifikat hanya mencapai 1 juta pertahun per biang tanah, artinya untuk menyelesaikan 79 juta bidang tanah diperlukan 79 tahun. Sementara untuk target pendaftaran 79 juta bidang tanah dengan menggunakan program PTSL target tersebut dapat diselesaikan pada tahun 2025.

(Ranny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.