DLH Manado Terus Giatkan Pengelolaan Sampah Lewat Bank Sampah

oleh -125 Dilihat
Kepala Dinas LH Manado Tresje Mokalu.

MANADO– Upaya pengelolaan sampah terus dilakukan Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Tresje Mokalu mengatakan pihaknya terus membangun bank sampah di Kota Manado.  Dia pun berharap agar jumlah Bank Sampah dapat terus bertambah dan merata disetiap wilayah kecamatan, kelurahan dan lingkungan.

“Hal ini dalam rangka upaya mendukung pengelolaan sampah dan wadah kegiatan peduli lingkungan bagi Pegawai DLH Kota Manado, serta masyarakat Kota Manado diharapkan dengan semakin dekatnya kehadiran Bank Sampah ditengah-tengah masyarakat dapat meningkatkan stimulus masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah rumah tangganya dan memanfaatkan sampahnya dengan menyetor ke Bank Sampah. Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat belajar menabung sedikit demi sedikit,”kata Mokalu kepada media ini, Senin (7/10/2019), saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor DLH Manado di Kecamatan Singkil.

Dijelaskannya juga bahwa ada kategori sampah yang bernilai ekonomi, seperti besi, kaleng, plastik, aluminium dan kardus. Melalui kegiatan bank sampah dan keaktifan masyarakat dalam menabung sampahnya, volume sampah yang dibuang ke TPA tentu akan jadi lebih kecil dan akan menambah umur TPA itu sendiri, sebab semua sampah akan di daur ulang.

“Bank sampah ini menerapkan sistem bank komersil. Hanya saja yang ditabung bukan berupa uang, tapi berupa sampah. Dengan adanya bank sampah, harapan kami bisa membantu menambah ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat kecil,”tutupnya.

(Tirsa Rompas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.