2 views

Rp 5,9 Miliar, TDK 143 Guru Sangihe

oleh -2 views
Kadis Diknas Sangihe Djoli Mandak.

TAHUNA -Kabar gembira untuk tenaga pendidik di tingkat TK, SD dan SLTP di Kabupaten Sangihe. Pasalnya Penerima Tunjangan Daerah Khusus (TKD) unruk tahun anggaran 2019 mengalami penambaham mencapai Rp5,9 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sangihe melalui Sekretaris Dinas Abednejo Hapendatu SPd.

“Tahun 2016 lalu penerima TKD sebanyak 567 orang. Kemudian di tahun 2017 berkurang menjadi 93 orang. Dan tahun 2018 ketambahan 4 orang sehingga menjadi 97 orang dan di tahun 2019 ini naik lagi menjadi 143 orang guru,” ungkap Hapendatu

Terpisah, Kepala Diknas Sangihe Djoli Mandak menjelaskan, syarat penerima TKD sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) 12/2017, yaitu guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus memiliki Data Pokok Pendidikan (Dapodik), memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) serta Memiliki Surat Keterangan (SK) penugasan mengajar di satuan daerah khusus.

Baca juga:   Tokmas Sebut Olly-Steven Masih Kuat Kaburito: Kemenangan Disangihe Kian Pasti

“Daerah khusus ditentukan oleh Menteri Pendidikan berdasarkan Kepmendiknas 80/P/2017. Daerah khusus itu merupakan desa tertinggal dan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes), sesuai Kepmendiknas 80/P/2017,” ungkap Mandak.

Lanjutnya, berdasarkan aturan, sebanyak 15 kampung di Kepulauan Sangihe, yang masuk dalam kategori daerah khusus sangat tertinggal dan terluar.

“Antara lain Kampung Mahumu I, Taloarane, Kawaluso, Lipang, Taleko Batusaiki, Nanedakele, Bukide Timur, Nanusa, Beng Darat, Hangke, Lehupu, Bowone, Beng Laut, Sampakang dan Melisade,” imbuh Mandak sambil berharap TDK ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan tenaga pendidik yang menerimanya.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.