1 views

BKKBN Sulut Sasar Bumil dan Keluarga Pemilik Baduta di Bolmong

oleh -1 views
Plt Kepala BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM menyampaikan materi.
BOLMONG-Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) wajib dipahami para ibu hamil dan keluarga yang memiliki anak Baduta (Bawah dua tahun).
Hal tersebut disosialisasikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara di Desa Tudu Aog Baru, Kecamatan Bilalang, Selasa (24/9/2019).
Plt Kepala BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM menyebut, pemberdayaan keluarga terhadap pengasuhan yang benar dalam 1000 HPK diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keluarga.
Terutama menyangkut sadar gizi dengan menerapkan prinsip gizi seimbang. Juga memberikan stimulasi yang tepat baik saat kehamilan sampai anak berusia 2 tahun.
“Pengasuhan yang benar bisa membentuk kualitas seorang anak. Itu dapat dinilai dari proses tumbuh kembangnya yang merupakan hasil interaksi antara faktor genetik (bawaan) dan faktor lingkungan (hasil pengasuhan),” tutur Sugiyatna.
Kabid KS-PK Sitti Kamlah Takalamingan SSos MAP memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi.
Kabid KS-PK Sitti Kamlah Takalamingan SSos MAP memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi.
Sementara itu, Kabid KS-PK Sitti Kamlah Takalamingan SSos MAP menambahkan, dalam pencegahan stunting perlu diperhatikan pemberian gizi seimbang maupun stimulasi bagi Baduta lewat peran keluarga.
“Dengan mengoptimalkan delapan fungsi keluarga menjadi prasyarat demi terwujudnya keluarga sejahtera dan berkualitas,” sebut Takalamingan.
Alat peraga ditampilkan saat penjelasan materi oleh Kasubid Balnak dan Lansia Rosilia Bunda Wowiling MSi.
Alat peraga ditampilkan saat penjelasan materi oleh Kasubid Balnak dan Lansia Rosilia Bunda Wowiling MSi.
Di sisi lain, Kasubid Balnak dan Lansia Rosilia Bionda Wowiling SSos MSi menerangkan terkait 3 penyebab stunting.
Yaitu gizi kronis, kurangnya pengasuhan melalui ASI eksklusif 0-6 bulan dilanjutkan makanan tambahan, serta sanitasi yang diwujudkan melalui perilaku hidup bersih.
Sosialisasi yang diikuti ratusan warga tersebut juga dihadiri Kadis DPPKB Bolmong Drs Ketut Kolak MKes, dan Sangadi Tudu Aog Youke Elvis Goni SPd.
(***)
Baca juga:   Napi Kabur Berhamburan saat Lapas Sorong Terbakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.