Kota Manado Jadi Rising Star Smart City di Indonesia

oleh -149 Dilihat
Kepala Dinas Kominfo Kota Manado, Erwin S. Kontu, S.H, usai memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Dinas Kominfo yang digelar, Senin (09/09/2019) di Meeting Room Cerdas Command Center.

MANADO – Kepala Dinas Kominfo Kota Manado, Erwin S. Kontu, S.H, usai memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Dinas Kominfo yang digelar Senin (09/9/2019) di Meeting Room Cerdas Command Center.

Sederet prestasi yang membanggakan ditorehkan oleh Pemerintah Kota Manado lewat Cerdas Command Center sebagai unit pelaksana Manado Smart City, dan mendapat respon dari berbagai daerah.

Buktinya pengakuan dari lembaga pemberi penghargaan semisal, 10 Besar Rating Kota Cerdas Indonesia, World Champion Contact Center World 2018, Peringkat 1 PPID Sulawesi Utara, Penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia, Nilai B- pada Indeks Kematangan SPBE, bersama Bapelitbangda memenangkan Bhumandala Award 2017-2018 dan mengantar Kota Manado memasuki Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.

Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SH
Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SH

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kota Manado, Erwin S. Kontu, S.H. Bahwa apresiasi terhadap kemajuan TIK Pemerintahan khususnya Smart City di Kota Manado datang dari berbagai daerah saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kominfo dan Rapat Koordinasi Asosiasi Kominfo Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Bali pada 4-6 September pekan lalu.

“Saya dan Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Heintje Lombone, S.Kom, M.Si, cukup kelabakan melayani konsultasi dan permintaan informasi di seputar kemajuan TIK Pemerintahan di Kota Manado. Paling tidak ada 2 hal penting yang kami share-kan kepada Kominfo Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang hadir. Pertama, kami sangat ditopang oleh komitmen Pimpinan Daerah yang kuat dalam memajukan TIK. Kedua, kami dibantu oleh para tenaga ahli freshgraduate yang direkemonedasikan oleh kalangan akademisi yang bermitra dalam mengembangkan TIK Pemerintahan. Dengan faktor-faktor ini kami sangat terbantu untuk berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah,” ujar Kontu.

Ditambahkannya, Dinas Kominfo Kota Manado meraih World Champion Contact Center World 2018 dan menjadi finalis pada ajang serupa, sehingga menjadi perhatian para Kepala Dinas Kominfo peserta Rakor bidang Kominfo, sehingga ikut menjadi bahan diskusi baik dalam forum maupun diskusi informal di luar forum.

“Untuk urusan DiLan atau TIK Pemerintahan, khusus Smart City, Manado telah menjadi Rising Star Smart City Indonesia. Bahkan untuk Call Center 112 yang tahun 2015 lalu dipersiapkan implementasinya di Makassar, Kota Makassar sendiri mengakui keunggulan Kota Manado. Prestasi dan pengakuan yang telah kami capai sejauh ini tentu tidak boleh membuat kami jumawa dan berpuas diri, tetapi menjadi dorongan motivasi untuk meningkatkan kinerja menuju Manado Cerdas 2021,” jelas Kadis Kontu mengakhiri pembicaraan.

(Tirsa Rompas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.