Kemarau Berkepanjangan Tampi: Gunakan Air Seperlunya

oleh -2 views
Direktur PDAM Sangihe Novilius Tampi

TAHUNA -Kemarau berkepanjangan melanda Kabupaten Sangihe berimbas pada menurnnya debit air khususnya untuk air minum. Hampir disejumlah wilayah di Sangihe mengalami penurunan yang sangat drastis.

Untuk itu Ditektur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sangihe Novilius Tampi mengimbau, di musim kemarau berkepanjangan ini, masyarakat dapat menggunakan air seperlunya. Bila tidak digunakan agar segera memutar kran air dalam posisi tertutup.

“Saya juga sudah mengumumkan terkait kemarau berkempanjangan ini di RRI Tahuna. Gunakanlah air seperlunya, bila membutuhkan pelayanan kami siap mendroop dengan mobil tanki PDAM,” ujar Tampi kepada sejumlah wartawan.

Memang sebenarnya kata dia, akibat kemarau ini, hampir keseluruhan wilayah di Sangihe, menurun debit airnya.

“Jadi rata-rata di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk debit air telah mengalami penurunan. Hanya saja penurunan debit ari tergantung situasi, dari 10 turun hingga 5,” ungkap Tampi.

Meski demikian lanjut Tampi hingga saat ini permasalahan tersebut masih bisa diatasi oleh pihak PDAM.

Baca juga:   Pembelian Kolam Renang Kolongan Beha Beraroma Korupsi

“Untuk sekarang ini masih bisa diatasi. Meskipun yang paling parah itu di Kota Tahuna. Karena Instalasi Pengolahan Air (IPA), yang berada di Kelurahan Tona II dan belakang kantor Bupati itu menurun drastis. Kedua IPAL ini menyuplai air di wilayah Tahuna Timur,” imbuhnya sambil menambahkan saat ini untuk suplai air ke Tahuna itu, masih terbantu dengan IPA dari Kampung Hiung Kecamatam Manganitu, dan untuk malam hari menggunakan sistem katup (buka tutup) kran.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.