Jadi Perhatian Pemerintah Pusat, 7,1 Triliun Digelontorkan Bangun KEK Pariwisata Likupang

oleh -1 views
Menpar Arief Yahya bersama Bupati Vonnie Anneke Panambunan meninjau langsung lokasi KEK Pariwisata Likupang, Jumat (9/8/2019). (foto: Sulut Aktual.com)

MINUT–Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang terus menjadi perhatian pemerintah pusat. Terbukti, Jumat (9/8/2019), Menteri Pariwisata (Menpar) Dr Ir Arief Yahya MSc turun langsung meninju lokasi KEK Pariwisata Likupang.

Usai tinjau lokasi, Menpar memimpin rapat koordinasi bersama Dirjen PUPR, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh, sejumlah kepala OPD Sulut dan Minut.

Dalam rapat tersebut, Menpar mengatakan, perkembangan pariwisata di Likupang sangat pesat. Tak heran saat kedatangan Presiden Ir Joko Widodo bulan lalu, langsung menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Likupang Minahasa Utara (Minut) menjadi skala prioritas pemerintah.

Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh,saat melakukan penanaman pohon.
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh,saat melakukan penanaman pohon.

“Awalnya, KEK Pariwisata Likupang ini tidak masuk prioritasnya pemerintah. Tapi setelah kedetangan presiden dengan melihat begitu pesatnya perkembangan yang ada di Likupang, sehingga ditetapkannya sebagai skala prioritas,” ujarnya.

Bupati Minut Vonnie Panambunan dan Menteri Pariwisata (Menpar) Dr Ir Arief Yahya MSc, saat disambut warga.
Bupati Minut Vonnie Panambunan dan Menteri Pariwisata (Menpar) Dr Ir Arief Yahya MSc, saat disambut warga.

Dibeberkan Yahya, Sulut satu-satunya daerah yang mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Presiden RI sebagai Racing Star karena memiliki pertumbuhan yang terbesar dan pesat. Bahkan sampai 500an persen.

Baca juga:   Kecamatan Talawaan dan TNI AL Nyatakan 'Perang' Terhadap Sampah

Rencananya, kata Yahya, KEK Likupang yang sudah menjadi super prioritas ini, akan dibangun diatas lahan 197 ha dengan nilai investasi sekira Rp 7,1 triliun. Tetapi akan dikembangkan sampai 800 ha.

Menteri Pariwisata (Menpar) Dr Ir Arief Yahya MSc, dijamu oleh Bupati Vonnie Panambunan.
Menteri Pariwisata (Menpar) Dr Ir Arief Yahya MSc, dijamu oleh Bupati Vonnie Panambunan.

“Pembangunan KEK Likupang ini harus ditunjang dengan inovasi pemerintah daerah. Keamanan harus dijaga, SDM akan dilatih agar bisa tampil dan terampil. Semakin banyak buat event untuk menarik wisatawan,” jelasnya.

Lewat KEK Likupang ini, akan menjadikan indeks kebahagiaan meningkat dan pendapatan daerah semakin besar. Karena KEK Likupang sudah masuk skala prioritas, pembangunan akan secepatnya diselesaikan. Rencananya tahun 2020 selesai.

Sementara itu, Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh mengatakan, pembagunan pariwisata di Minut untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Lewat kepercayaan pemerintah pusat menjadikan Likupang sebagai KEK Pariwisata, akan mewujudkan visi dan misi Minut menjadikan kabupaten agribisnis, industri dan pariwisata.

“Sebelum dipercayakan sebagai KEK Pariwisata, kami terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata di Minut. Tahun 2017 sebanyak 19.789 kunjungan wisatawan mancanegara, naik di tahun 2018 menjadi 71.110,” beber VAP sapaan akrab Panambunan.

Baca juga:   Jadi Juri Pemilihan Keke -Utu, Joune Ganda: Harus Jadi Duta Pariwisata Minut

Diharapkan srikandi Tonsea ini, kunjungan Menpar sekaligus rapat koordinasi saat ini, akan semakin mempercepat pembangunan KEK Pariwisata di Likupang.

Usai menggelar rapat koordinasi, dilakukan penanaman pohon.

(advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.