Agustus 2019 Disdukcapil Targetkan Luncurkan KK Elektronik

oleh
Kepala Disdukcapil Sangihe Dra Ratna Lombongadil.

TAHUNA -Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Sangihe mentargetkan meluncurkan penggunaan Kartu Keluarga (KK) Elektronik. Hal ini diutarakan Kepala Disdukcapil Sangihe Dra Ratna Lombongadil, Rabu kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

“Rencananya bulan Agustus 2019 ini, kami Disdukcapil Sangihe siap meluncurkan KK Elektronik. Program ini sebenarnya akan diluncurkan di acara Me’daseng di Ngalipaeng yang lalu, tapi dibatalkan karena waktu yang tidak sempat,” ungkap Lombongadil.

Menurut Lombongadil, pada dasarnya KK elektronik ini masih sama dengan KK yang sudah terbit dimasyarakat, hanya saja untuk kepengurusan awal KK elektronik itu pemohon lebih dipermudah, yaitu untuk penandatanganan bisa dilakukan dari jarak jauh karena sudah berbasis online atau terhubung ke jaringan internet.

“Biasanya masyarakat sebagai pemohon yang mengurus berkas KK datang ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di kecamatan masing – masing, kemudian petugas di UPTD harus datang ke Disdukcapil untuk penanda tanganan. Sekarang sudah tidak perlu seperti itu, berkas yang dimasukan pemohon sudah langsung dikirim secara online UPTD ke Disdukcapil. Dan apabila semuanya sudah lengkap, dan disetujui oleh Kadis, langsung bisa dicetak dari masing – masing UPTD”, imbuh Lombongadil sambil meminta peran serius pemerintah Kecamatan dan Kampung serta masyarakat sendiri dalam mensukseskan program kependudukan berbasis elektronik ini.

Baca juga:   Satu-Satunya Dari Provinsi Sulut, Pemkab Dan FKUB Sangihe Terima Harmony Award dari Kementerian Agama RI

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.