Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi 2019

oleh -95 Dilihat
James Sumendap.

JAKARTA–Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2019, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Pada rakornas tersebut mengusung tema ‘Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif’ yang di buka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, dan dihadiri seluruh Gubernur, Bupati/Walikota se Indonesia.

Bupati JS, disela-sela rakornas tersebut menyampaikan, bahwa ini sangat penting untuk membangun komitmen bersama dan sinergi antara pemerintah pusat hingga daerah untuk menekan inflasi daerah dan Nasional.

“Rakornas Pengendalian Inflasi ini sangat penting khususnya dalam rangka sinergi dan inovasi untuk pengendalian inflasi, termasuk juga melalui pemanfatan teknologi informasi dalam rangka pengendalian inflasi,” ujar Bupati JS.

Dilanjutkan Bupati JS, ada tiga strategi kebijakan untuk mendukung pengendalian inflasi ke depan yang menjadi fokus pembahasan dalam Rakornas. Pertama, terus melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian dan pendukungnya melalui sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,
Kedua, meningkatkan inovasi program pengendalian inflasi, antara lain melalui pengembangan model kerja sama perdagangan antar daerah yang mengoptimalkan kelembagaan ekonomi dari tingkat desa di daerah. Ketiga, memperluas penggunaan teknologi informasi secara terintegrasi guna mendorong peningkatan produksi pertanian dan perluasan akses pasar bagi petani.

“Upaya-upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan. Khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan, karena ada dua hal yang menjadi kunci utama dalam mengelola perekonomian negara dan daerah, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi,” tandas Bapak Pembagunan Mitra ini.
(Thety Metuak)

No More Posts Available.

No more pages to load.