Benahi Sektor Perikanan Gaghana Sambangi Kementerian KP

oleh -0 views
Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME ketika memaparkan persoalan sektor perikanan Kabupaten Sangihe di Kantor Kementerian KP.

TAHUNA-Sebagai sektor andalan yang masih terus dilakukan pembenahan membuat Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME terus melakukan pembenahan dan terobosan.

Buktinya, Senin (22/07/2019) awal pekan ini, Gaghana yang didampinggi Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Sangihe Ernist Unas, Assiten II Pemkab Sangihe Benny Pilat menyambangi Kantor Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KP).

Kehadiran Gaghana bersama tim diterima langsung Direktur Pelabuhan Perikanan Ir. Frits Lesinussa MSi, sekaligus disampaikan berbagai permasalahan serta potensi perikanan dan kelautan yang perlu dikembangkan, seperti pengembangan infrastruktur perikanan Dagho, fungsi coolstorage, pembangunan tempat pelelangan ikan serta pembangunan pelabuhan perikanan dan infrastruktur lainnya yang menunjang aktifitas nelayan.

Dalam pertermuan itu Gaghana juga meminta  kepada Direktur Pelabuhan Perikanan dapat mengkaji usulan yang telah disampaikan sekaligus dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan penetapan  kebijakan program Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Dikesempatan itu  Asisten Ekonomi dan  Pembangunan, Benny Pilat SE juga menambahkan paparan Bupati, menyangkut persoalan yg dihadapi nelayan Sangihe pasca tangkap,  yakni masih sulitnya  mendapatkan Es yang berkualitas daya tahan lama serta ketersediaan coolstorage sebagai menampung ikan pasca tangkap.

Baca juga:   Kabupaten Sangihe Berduka, Wakil Bupati Helmud Hontong SE Meninggal Dunia

“Pemkab Sangihe sangat berharap  melalui kebijakan Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan RI, dapat menuntaskan berbagai persoalan yang mengganjal proses pengembangan perikanan di Sangihe, termasuk mampu menjawab setiap kebutuhan nelayan, terutama untuk pasca tangkap baik dari sisi pengawetan maupun pemasarannya”, ungkap Pilat.

Sementara itu, Direktur Pelabuhan Perikanan Ir. Frits Lesinussa Msi selain menyambut baik kehadiran Bupati, juga berjanji akan menseriusi berbagai hal yang telah disampaikan, termasuk pengembangan Pelabuhan Perikanan Dagho bersama fasitasnya yang kedepan tak hanya dapat disinggahi kapal ikan lokal,  tapi dapat disinggahi kapal ikan dari pulau jawa dan pulau lannya.  Bahkan untuk rencana pembangunan pelabuhan perikanan, Lesinussa juga langsung meminta kepada Bupati dapat menyediakan lahan di Tahuna untuk pembangunan pelabuhan perikanan dimaksud.

Gaghana ketika dihubungi wartawan mengatakan, kehadirannya di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan RI selain terkait mempresure pengembangan potensi  kelautan dan perikanan, juga sebagai tiindak lanjut dari  hasil pertemuan Gubernur, Bupati/ Wali Kota se Propinsi  Sulut dengan  Presiden pada medio Mei 2019.

Baca juga:   Me'Daseng Di Tabteng, Bupati Bersama BRI Serahkan Bantuan Pendidikan

”Jelas dalam pertemuan waktu itu,  Presiden mendorong kami selaku pimpinan daerah dapat melakukan lobi dibeberapa Kementrian termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, guna percepatan pembangunan dan kesejakteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” singkat Gaghana sambil meminta topangan doa dari masyarakat Sangihe.

(sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.