Aplikasi PANADA Raih Penghargaan Top 99 KIPP. Jadi Kado HUT ke-396 Kota Manado

oleh -2 views
Wali Kota Manado saat menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dalam Kompetisi Informasi Pelayanan Publik (KIPP)

MALANG– Penghargaan kembali diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (Panada) berhasil meraih Penghargaan  TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dalam Kompetisi Informasi Pelayanan Publik (KIPP)

Penghargaan ini pun diterima langsung Wali kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, yang diserahkan langsung oleh Menpan RB RI Syarifuddin yang dampingi Mendagri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Guyana Tower Hotel Semarang,  Kamis (18/7/2019) malam tadi.

Diketahui, dari sekira 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (Sinovik), sebanyak 99 inovasi dipilih menjadi yang terbaik, dan Panada meupakan salah satunya yang terbaik.

Jumlah inovasi yang masuk tahun 2019 ini meningkat dari tahun 2018 lalu, yang hanya sekira 2.824 proposal inovasi. Peningkatan ini tidak hanya dari segi kuantitas, namun meningkat juga dari segi kualitas inovasinya.

Baca juga:   Ancam Pakai Sajam, FL Digiring ke Polsek Wenang Manado

Wali Kota Manado Vicky Lumentut sangat mengapresiasi akan capaian yang diraih dengan menerima penghargaan ini.

“Kita harus bersyukur, karena penghargaan ini merupakan kado terindah untuk Kota Manado yang baru saja merayakan Ulang Tahunnya yang ke 396. Dan kita harus mengambil sisi positif dari Aplikasi Panada yang telah menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik,” kata Wali Kota Manado dua periode ini.

Lanjutnya, aplikasi ini sebisanya digunakan semaksimal mungkin oleh warga Manado, dimana
fungsi dari aplikasi Panada ini sendiri adalah untuk mempermudah masyarakat mencari informasi serta pengumpulan dan perubahan data berbasis peta.

“Panada mempermudah masyarakat untuk mencari informasi dan pengumpulan serta perubahan data. Semua yang menyangkut penduduk, bangunan, perizinan, pajak, retribusi. Pokoknya semua bisa dilihat dalam aplikasi ini,”ujar Wali kota pilihan warga Kota Manado ini.

Lebih lanjut Wali Kota menjelaskan, masyarakat dapat mengetahui lokasi-lokasi yang mereka butuhkan, bahkan lokasi seperti penempatan CCTV, jembatan, bangunan semua dapat dicari melaui alikasi Panada.

Baca juga:   Simulasi Sispamkota, Kolaborasi TNI-Polri di Sulut Redam Aksi Anarkis Massa

“Lewat Aplikasi Panada kita bisa tahu posisi gereja, mesjid, indomaret, rumah sakit, puskesmas, sekolah bahkan rumah penduduk dengan data IMB, Fiskal serta bentuk dan ukuran rumah tersebut,” jelas Wali kota Vicky Lumentut.

Ditambahkan Wali Kota Manado, kecanggihan aplikasi Panada juga dapat mengetahui status bahaya banjir saat hujan.

“Aplikasi ini bukan hanya memberikan informasi tapi juga dapat menganalisis bagaimana keadaan bahkan sampai beberapa tahun kedepan,” ujarnya sembari menambahkan agar Sangat diharapkan masyarakat Manado dapat memanfaatkan website panada.manadokota.go.id agar dapat mendapatkan informasi seperti bahaya banjir bila musim hujan.

Sedangkan dipilihnya Kota Semarang sendiri  menjadi tuan rumah penyerahan penghargaan ini, dikarenakan Provinsi dan beberapa daerah di Jawa Tengah telah mengikutsertakan inovasi terbanyak pada KIPP 2019. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melahirkan tiga inovasi. Sedangkan pemkab/pemkot yang berada di wilayah Jawa Tengah mengikutsertakan 11 inovasi dalam ajang bergengsi ini.

Baca juga:   Pemerintah Kelurahan Istiqlal Salurkan Bansos Untuk Warga Terdampak Covid-19

Turut mendampingi Wali Kota Manado saat menerima penghargaan ini, Kaban Bapelitbang Pemkot Manado Dr Liny Tambajong dan Kabag Humas Pemkot Manado Sonny Takumansang serta Kabag Protokol Pemkot Manado.

(Tirsa Rompas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.