Kunjungi Perumahan Relokasi Korban Bencana Banjir 2014, Wali Kota Vicky Lumentut Dampingi Kepala BNPB RI

oleh
Wali Kota Manado Vicky Lumentut saat mendampingi Kepala BNPB RI Letjen Doni Monardo dalam kunjungan ke perumahan Relokasi korban bencana banjir bandang Manado tahun 2014 lalu.

MANADO – Untuk lebih memastikan kondisi kenyamanan korban bencana banjir bandang Manado 2014 lalu, yang telah direlokasikan di Perumahan Relokasi banjir Kelurahan Persiapan Pandu Cerdas Kecamatan Bunaken Darat, Wali Kota ManadoDr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana  (BNPB) Republik Indonesia Letnen TNI Doni Monardo yang juga ikut berkunjung ke tempat tersebut, Rabu (19/5/2019) siang tadi.

Pada kesempatan tersebut, sambil menunggu kedatangan Kepala BNPB RI Letjen Doni Monardo, Wali Kota Manado mengecek langsung keberadaan rumah warga yang telah ditempati sekaligus dengan infrastruktur pendukung lainnya, seperti jalan, sekolah dan Puskesmas.

Setelah mendapatkan cukup data yang disandingkan dengan data laporan dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Wali Kota Vicky Lumentut bersama warga perumahan relokasi menyambut kedatangan Kepala BNPB RI Letjen Doni Monardo di lokasi.

Baca juga:   Kementerian Pariwisata Gelar Rembuk Nasional di Sulut 

Wali kota Manado Vicky Lumentut dalam penyampaian laporannya didepan Kepala BNPB RI menyampaikan jika jumlah pembangunan rumah relokasi sudah sesuai dengan jumlah keluarga penerima bantuan relokasi bencana banjir 2014 lalu.

“Saat ini sudah dibangun 2040 unit rumah dari sekira 2047 keluarga penerima bantuan. Untuk 7 unit lainnya tak dilanjutkan pembangunannya dikarenakan keluarga penerima telah membatalkan untuk tidak menerima bantuan,” jelas Wali Kota Lumentut.

Wali Kota Vicky Lumentut juga memaparkan berbagai fasilitas umum yang telah dibangun seperti Sekolah, Puskesmas, sarana tempat ibadah serta pembangunan fasilitas lainya seperti gedung serba guna dan juga beberapa sarana publik lainnya. Wali Kota Manado juga melaporkan beberapa kekurangan dari fasilitas penunjang, seperti ketersediaan air bersih bagi warga.

” Pemkot Manado telah berupaya untuk membangun rumah relokasi bagi warga dan memastikan keamanan serta kenyamanan bagi penghuninya, namun masih ada fasilitas penunjang yang harus dilengkapi, seperti ketersediaan air bersih untuk warga. Untuk itu, kami berharap agar pemerintah pusat bisa membantu mengatasi permasalahan ini,” ujar Wali Kota Manado menutup laporannya.

Baca juga:   Gandeng Pemkot Manado BPC Manado Kampanyekan #IndonesiaBicaraBaik

Tak lupa juga Wali Kota Manado berharap agar pada persemiannya nanti, Presiden RI bisa hadir untuk meresmikannya langsung.

Sementara, Kepala BNPB RI Letjen Doni Monardo dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa dirinya menerima semua masukan yang disampaikan Wali Kota Manado terkait pembangunan rumah relokasi, dan akan disampaikan langsung ke pimpinannya.

“Akan saya sampaikan masukan dan usulan dari Wali Kota Manado. Untuk itu, saya mengundang khusus Wali Kota Manado untuk datang ke kantor BNPB RI dengan membawa laporannya untuk kita diskusikan bersama,” jawab Monardo.

Lanjutnya, dan terkait permintaan untuk peresmian kampung relokasi oleh Presiden RI, saya mengupayakan untuk menyampaikan hal tersebut melalaui Menteri Sekretaris Negara yang nantinya akan meneruskan ke Presiden RI.

“Permintaan Wali Kota Manado agar peresmian perumahan relokasi ini, akan saya teruskan ke Menteri Sekretaris Negara. Mungkin saja ada jadwal kunjungan Presiden RI ke wilayah Indonesia Timur, nanti bisa disesuaikan,” kata Monardo menjawab permintaan Wali Kota Manado dua periode ini.

Baca juga:   Pra Rakorda Tingkatkan Program KKBPK di Sulut

Turut hadir dalam kegiatan ini dan ikut mendampingi Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, beberapa kepala OPD, Camat Bunaken Darat, Kabaghumas Pemkot Manado dan awak media.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.