Polda Sulut Peringati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019

oleh -5 views
Wakapolda Sulut yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

MANADO, – Polda Sulawesi Utara menggelar upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2019 di halaman Mapolda Sulut.

Upacara diikuti oleh seluruh anggota Polri dan PNS Polda Sulut, yang dihadiri juga oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto, SIK dan Pejabat Utama Polda.

Wakapolda Sulut yang bertindak selaku Inspektur Upacara, saat itu membacakan amanat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Wakapolda membuka amanat.

Katanya, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa”, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia.

Seluruh anggota Polri dan PNS Polda Sulut, yang dihadiri juga oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto, SIK dan Pejabat Utama Polda.
Seluruh anggota Polri dan PNS Polda Sulut, yang dihadiri juga oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto, SIK dan Pejabat Utama Polda.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” katanya.

Baca juga:   Kapolda Sulut Tinjau Pembangunan Polsek Kepulauan Bunaken

Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. “Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa,” ujarnya.

Lanjutnya, kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Upacara peringatan ini ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Hening Cipta, pembacaan Pembukan UUD 1945 dan pembacaan teks Pancasila.

Peringatan Kelahiran Pancasila ini juga dilaksanakan di seluruh Polres/ta jajaran yang ada di Sulawesi Utara, dan yang menjadi Irup adalah masing-masing Kapolres/ta.

(Humas Polda Sulut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.